Waktunya Anak Muda Berkiprah, Selebgram Cantik Rea Wiradinata Bicara Soal Capres Cawapres 2024

Rea Wiradinata, pengusaha milenial, selebgram, influencer
Rea Wiradinata, pengusaha milenial, selebgram, influencer (Foto : ig @re_wiradinata)

Antv – Batasan umur sebagai syarat pencalonan Presiden dan Wakil Presiden bukan isu konstitusional. Pembatasan usia minimum dan maksimum bukan isu yang lazim diatur ketat, karena kapasitas politikus diukur dari rekam jejak.

Akibatnya berbagai negara menerapkan beragam batas umur, sebab kapasitas politik dan kemampuan berpikir tidak bisa disamakan dengan kebugaran.

Oleh karena itu, perkara tersebut bukan model usia yang perlu dibangun, tetapi akan adanya asumsi belum matangnya kultur politik Indonesia dan budaya feoadalisme yang membuat rekam jejak politik tenggelam dalam latar belakang keluarga dan gelar. 

Sehingga, usia sering dijadikan filter mencegah orang atau pihak yang tidak berpengalaman menjadi politisi. Pilihan batasan usia juga harus mampu mengakomodir partisipasi politik semua golongan dan kelompok secara optimal. Apalagi, anatomi penduduk dan pemilih Indonesia saat ini 56 persen di antaranya adalah terdiri dari mereka yang berusia kurang dari 40 tahun.

Dalam Webinar yang bertajuk Anak Muda Jadi Capres-Cawapres 2024: Waktunya Anak Muda Berkiprah yang diselenggarakan oleh ILDES (Indonesia Law and Democracy Studies) Jumat, 15 September 2023. Pengusaha milenial Rea Wiradinata mengatakan butuh calon pemimpin yang mampu mengatasi tantangan ekonomi menjadi krusial. 

img_title
Webinar Anak Muda Jadi Capres-Cawapres 2024 oleh ILDES. (Foto: screenshot)

Menurutnya, negara ini butuh pemimpin (presiden) yang mampu melihat peluang di masa depan, yang melihat masalah-masalah tidak hanya sebagai tantangan, tetapi sebagai peluang untuk membuat Indonesia lebih maju.