Listrik Bersih Tanpa Kedip untuk Ajang F1 Powerboat

F1 Powerboat (F1H2O)
F1 Powerboat (F1H2O) (Foto : kemenparekraf.go.id)

AntvPT PLN (Persero) menyatakan kesiapan memasok listrik bersih tanpa kedip yang berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mendukung pelaksanaan kompetisi internasional balap perahu supercepat F1 Powerboat (F1H2O) di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada 24 - 26 Februari 2023 mendatang. 

 

 

img_title
Lokasi Acara F1H2O di Balige, Kab. Toba, Sumut. (Foto: pln.co.id)
 

 

Tidak tanggung-tanggung, PLN Menyiapkan dua Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) menjadi sumber pasokan utama kelistrikan yakni PLTMH Hutaraja berkapasitas 2 x 2,5 Megawatt (MW) dan PLTMH Aek Silang dengan kapasitas 2 x 5 Megawatt (MW). Kedua pembangkit baru ini dijelaskan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam siaran pers akan menambah bauran EBT di Sumatera Utara hingga mencampai 43,47 persen. 

Selain itu, PLN juga memperkuat pasokan tersebut dengan jaringan back up 20 Kilo Volt (kV) supaya bisa menerapkan Zero Down Time (ZDT) alias Tanpa Kedip. Untuk hal ini, PLN telah memodifikasi jaringan sehingga akan mempermudah pengaturan distribusi listrik serta menjaga kualitas tegangan yang akan dikirim ke Balige.