Indonesia Tempati Peringkat ke-7 dalam Islamic Solidarity Games 2021

Islamic Solidarity Games
Islamic Solidarity Games (Foto : )

Ajang Islamic Solidarity Games atau ISG 2021 resmi berakhir pada 18 Agustus kemarin. Perhelatan ini digelar di Konya, Turki yang dimulai pada 9 sampai 18 Agustus 2022. Indonesia finish di peringkat ketujuh. Total 56 medali berhasil diraih dengan rincian 13 medali emas, 14 medali perak, dan 29 perunggu. Perolehan medali emas sebagian besar disumbangkan oleh atlet cabang olahraga angkat besi.

Tiga medali emas yang disumbangkan Siti Nafisatul Hariroh di nomor angkatan 45 kg putri. Kemudian, tambahan tiga medali emas oleh Ricko Saputra yang turun di kelas 61 kg putra. Tampil perkasa di kelas ini membuatnya digadang-gadang bakal jadi penerus bintang lifter Indonesia, Eko Yuli Irawan.

Penampilan tak kalah memukau ditunjukan oleh Natasta Beteyob. Dia berhasil menyumbang dua medali emas dalam nomor angkat besi 55 kg putri dan kategori Clean & Jerk 111 Kg dengan total angkatan 195 Kg. Disusul oleh Rizki Juniansyah 19 tahun yang menyumbangkan tiga medali emas. Dia menjadi juara di kelas 73 kg putra untuk kategori snatch, Clean & jerk. Medali emas terakhir dari cabor angkat besi diperoleh Tsabitha Aflah Ramadani. Dia berhasil menguasai kelas 64 Kg putri dari kategori snatch seberat 98 Kg.

Satu medali emas terakhir disumbang dari cabang olahraga panahan. Di mana tim Indonesia di nomor recurve campuran diwakili oleh Riau Ega Agata Salsabila dan Rezza Octavia. Mereka berhasil mencetak angka terbaik mengalahkan tuan rumah Turki dan Uzbekistan. Raihan emas ini juga sekaligus kado berharga di hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia. Sementara di peringkat teratas dikuasai tuan rumah Turki dengan total 341 medali. 145 emas, 107 perak, 89 perunggu.