Menteri BUMN Erick Thohir: Indonesia Bakal Jadi Pusat Pertumbuhan Dunia

Menteri BUMN Erick Thohir: Indonesia Bakal Jadi Pusat Pertumbuhan Dunia (Foto Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir: Indonesia Bakal Jadi Pusat Pertumbuhan Dunia (Foto Instagram) (Foto : )

Hal itu diungkapkan Erick Thohir dalam sambutannya di Indonesia Retail Summit, di Sarinah Thamrin Jakarta, seperti yang dikutip dari Instagram, Selasa (16/8/2022). “Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus tumbuh sampai dengan 2045 kurang lebih di 6 persen. Suka tidak suka, Indonesia akan menjadi pusat pertumbuhan dunia,” kata Erick Thohir.

Tentunya pertumbuhan tersebut membutuhkan kerja keras. BUMN akan berupaya membangun ekosistem tidak hanya menguntungkan negara, namun masyarakat, UMKM yang disebut ekonomi kerakyatan. “Suka tidak suka Indonesia akan menjadi pusat pertumbuhan dunia.

BUMN harus membangun ekosistem yang win-win, yang saling menang," katanya. "Karena memang kebijakan ekonomi kita memang ekonomi terbuka, dimana ekonomi kerakyatan menjadi basis,” ucap Erick. Mantan presiden Inter Milan ini mengungkapkan, BUMN terus mendukung UMKM tidak hanya terkait pendanaan saja.

Namun juga pendampingan, hingga akses pasar. “BUMN terus mendukung UMKM tidak hanya di pendanaan, tapi juga pendampingan, dan akses pasar. Saya berharap kita terus dorong yang namanya kebersamaan,” ujarnya. Erick mengatakan, Indonesia Retail Summit 2022 dapat mendorong potensi Indonesia menjadi pusat pertumbuhan dunia.

Di samping itu juga, ia menekankan kolaborasi untuk mendukung UMKM, di antara para pelaku usaha, untuk kemajuan Indonesia. “BUMN terus mendukung dan membantu UMKM. Berkolaborasi dengan pengusaha menengah dan besar,” kata Erick menegaskan.