Kuliner Enak di Hari Kemerdekaan: Serabi Merah Putih dan Jus Bendera

62fb0e8a67460-serabi-merah-putih-dan-jus-bendera-kreasi-pedagang-di-banjarnegara_665_374
62fb0e8a67460-serabi-merah-putih-dan-jus-bendera-kreasi-pedagang-di-banjarnegara_665_374 (Foto : )

Hal yang dilakukan masyarakat pun seperti memasang bendera atau umbul-umbul dengan corak warna merah putih hingga menggelar perlombaan-perlombaan yang meriah. Ada hal berbeda yang dilakukan oleh seorang pedagang serabi di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Ia ikut serta memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dengan membuat kreasi kuliner unik dan enak. yaitu serabi merah putih dan jus bendera. “Serabi merah putih dan jus bendera memang sengaja saya kreasikan sebagai bentuk kebanggaan saya terhadap bangsa Indonesia, sekaligus juga ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia kali ini,” ujar penjual serabi, Suci, dikutip dari laman tvOnenews pada Selasa, 16 Agustus 2022. Serabi merah putih tersebut dibuat dengan bahan pewarna alami dari buah-buahan.

Untuk warna merah ia gunakan dari buah stroberi sedangkan warna putih dibuat dari kombinasi tepung beras dan susu. “Untuk warnanya merahnya serabi dan jus saya ambil dari buah stroberi dan semangka,” katanya. Untuk cara pemasakan ia lakukan dengan cara tradisional yaitu menggunakan wajan atau penggorengan yang terbuat dari tanah liat.

Serabi merah putih tersebut dijual dengan harga satuan Rp. 1000,-. Tidak hanya itu, di hari kemerdekaan ini, sebagai pelengkap ia juga mengkreasikan minuman jus bendera yang terbuat kombinasi buah semangka dan susu sehingga menambah sensasi kesegaran tersendiri saat menikmati kue serabi. “Serabi merah putih dan jus bendera ini inovasi kuliner dalam menyambut kemerdekaan. Tekstur makanannya empuk dan nikmat,“ terang Halim, salah satu pembeli.