Ingido Aditya Nugroho Cabut Permohonan Paten Citayam Fashion Week

cfw
cfw (Foto : )
Influencer Indigo Aditya Nugroho dikabarkan mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).
Selain Indigo, suami Paula Verhoeven, Baim Wong juga mendaftarkan Citayam Fashion Week ke DJKI melalui perusahaan miliknya PT Tiger Wong Entertainment.Pernyataan keduanya langsung menuai kritikan dan protes dari berbagai pihak. Hingga pada akhirnya Baim Wong dan Indigo memutuskan untuk mencabut pendaftaran paten Citayam Fashion Week.Melalui akun Instagram Kutipan X, Indigo menjelaskan alasannya mengundurkan diri dari persaingan rebutan permohonan paten bersama Baim Wong di Kemkumham tersebut.“Saya Indigo Aditya Nugroho sebagai perwakilan dari tim KutipanX bermaksud menyampaikan bahwa pada siang hari ini, tanggal 25 Juli 2022 pukul 14.19 WIB, telah mengirimkan surat permohonan pencabutan merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data HAKI,” kata Indigo Aditya Nugroho dilansir dari laman VIVA, Selasa, 26 Juli 2022. 
Sebelum akhirnya dicabut, Indigo menyampaikan bahwa ia telah mendaftarkan Citayam Fashion Week pada tanggal 21 Juli 2022. Indigo menjelaskan bahwa pihaknya tidak memiliki niat sama sekali untuk menguasai merek Citayam Fashion Week.“Seperti yang telah diketahui, saya memang telah mendaftarkan merek tersebut pada tanggal 21 Juli 2022. Dalam hal ini dari awal KutipanX tidak berniat atau bermaksud secara eksklusif menguasai merek tersebut,” lanjutnya.“Hanya saja kami KutipanX, memiliki kekhawatiran apabila Citayam Fashion Week (CFW) akan kehilangan identitas dan orisinalitas untuk acara dan konten konten yang dibuat oleh para konten creator lokal yang sejak semula sudah melakukannya,” tegasnya.Indigo mengaku melalui KutipanX, mereka sudah memulai membuat konten di kawasan Sudirman dan Dukuh Atas tersebut sejak setahun lalu. Dari pembuatan konten inilah, KutipanX mewawancarai Bonge dan Kurma, hingga menjadi viral.“KutipanX sendiri telah membuat konten di area Dukuh Atas sejak 1 tahun lalu, dan kami menginterview Bonge dan Kurma pertama kali sebelum mereka viral di 2 bulan yang lalu dan dari sana kami kembangkan konten-konten seputar aktivitas di sekitar area Dukuh Atas,” tambahnya. Sebelumnya Baim Wong juga memutuskan mundur dalam persingan. Ia mengumumkan dirinya akan melepaskan HAKI untuk Citayam Fashion Week.
Baim Wong mengumumkan hal ini melalui video di kanal YouTube miliknya. Ia pun mengunggah potongan video tersebut ke akun media sosial Instagram.