Hailey Bieber Digugat karena Jiplak Merek Dagang Rhode

Fotoram.io (6)
Fotoram.io (6) (Foto : )
Bisnis kecantikan milik Hailey Bieber yang diberi nama Rhode Beauty mendapat gugatan hukum. Istri Jutsin Bieber itu dituntut karena pelanggaran merek dagang oleh brand fashion berusia 8 tahun dengan nama yang sama.
Tim kuasa hukum Rhode telah mengklaim bahwa Hailey pernah mencoba mendapatkan merek dagang dari duo desain Purna Khatau dan Phoebe Vickers itu pada 2018 namun ditolak.Tetapi, Hailey dan timnya diduga justru melanjutkan dengan meluncurkan merek Rhode-nya sendiri yang menawarkan beragam produk skincare.Melansir
Page Six Style , salah satu pendiri Rhode, Khaatau dan Vickers, mengklaim bahwa mereka terpaksa mengajukan gugatan untuk melindungi bisnis."Dia melakukan ini meskipun mengetahui Rhode dan hak-hak sebelumnya," ujar Lisa T. Simpson selaku penasihat litigasi utama Rhode, melalui email.“Ini keadaan yang tidak menguntungkan. Kami, tentu saja, mengerti bahwa Hailey ingin menggunakan nama tengah untuk mereknya, tetapi hukumnya jelas: Anda tidak dapat membuat merek semacam ini hanya karena ingin menggunakan nama Anda. Apa yang dilakukannya merugikan bisnis milik bersama minoritas yang dengan susah payah dibangun oleh dua wanita menjadi bisnis yang berkembang menjadi merek global,” kata dia.[caption id="attachment_530158" align="alignnone" width="1351"] Merek Rhode yang diluncurkan oleh Hailey Bieber. (Foto: Instagram @haileybieber) Merek Rhode yang diluncurkan oleh Hailey Bieber. (Foto: Instagram @haileybieber)[/caption]Gugatan yang diajukan tim Rhode menyatakan bahwa besarnya pengikut Hailey dan posisinya sebagai pesohor dunia tentu akan berdampak pada kemunduran Rhode yang telah lama berdiri. Kedua pemilik bisnis meminta pengadilan melarang Hailey menggunakan nama Rhode untuk menghindari kebingungan antara merek mereka.“Meskipun merek global, kami masih merupakan perusahaan muda dan berkembang, dan kami tidak dapat mengalahkan selebriti dengan pengikut Hailey yang menggunakan nama perusahaan kami untuk menjual produk terkait,” sambung tim Rhode.Terkait gugatan yang menuju kepada dirinya, Hailey Bieber belum memberi pernyataan apapun kepada media. Hailey diketahui memang telah berniat menggeluti dunia bisnis kecantikan sejak tahun 2019, namun ia memiliki kendala pada pemilihan nama merek yang akan digunakannya.Diketahui sebelumnya, Hailey sempat berniat memberi merek Bieber Beauty pada bisnis kecantikannya. Namun, ide itu ditolak karena kemungkinan menimbulkan kebingungan dengan merek sebelumnya yang didaftarkan oleh suaminya, Justin Bieber.Sebagai informasi, Rhode merupakan perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2014. Bisnis ini menawarkan gaun dan gaun bermotif warna-warni yang disukai oleh selebriti seperti Mindy Kaling dan Kelly Clarkson.