Marc Overmars Mengundurkan Diri dari Direktur Ajax, Dianggap Melecehkan Wanita

Overmars
Overmars (Foto : )
Direktur urusan sepak bola Ajax Amsterdam Marc Overmars telah mengundurkan diri dari  jabatannya karena mengirim serangkaian pesan 'tidak pantas' yang dikirim ke beberapa rekan wanita, kata klub Belanda itu pada Minggu malam (7/2/2022).
"Saya minta maaf. Tentu saja untuk seseorang di posisi saya, perilaku ini tidak dapat diterima. Saya sadari itu juga. Tapi sudah terlambat. Saya tidak melihat pilihan lain selain meninggalkan Ajax."
Overmars, 48 tahun, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia malu dan perilakunya "tidak dapat diterima"."Minggu lalu saya dihadapkan dengan laporan tentang perilaku saya. Dan bagaimana ini sampai ke orang lain. Sayangnya, saya tidak menyadari bahwa saya melewati batas dengan ini, tapi itu menjadi jelas bagi saya dalam beberapa hari terakhir," jelas Overmars.Mantan gelandang timnas Belanda, Arsenal dan Barcelona, ​​dan  bermain untuk Ajax dari 1992 hingga 1997 selanjutnya menjadi direktur pada 2012. Dia baru-baru ini diangkat kembali untuk masa jabatan baru hingga pertengahan 2026.Menurut catatan Reuters, Overmars secara luas dipandang sebagai arsitek dari serangkaian kesuksesan Ajax baru-baru ini, karena ia menaikkan gaji di klub secara signifikan dan berhasil mendatangkan pemain Liga Premier seperti Daley Blind, Dusan Tadic dan Sebastien Haller.Ajax mencapai semifinal Liga Champions pada 2019, dua tahun setelah kalah di final Liga Europa melawan Manchester United, dan berada di fase knock-out turnamen lagi tahun ini - menghadapi Benfica akhir bulan ini.Keputusan Overmars muncul di tengah debat publik di Belanda tentang perlakuan terhadap perempuan di tempat kerja. Tuduhan pelecehan dan penyalahgunaan kekuasaan selama berminggu-minggu di lokasi syuting acara pencarian bakat terkenal "The Voice" memicu kemarahan yang luas.CEO Ajax Edwin van der Sar mengatakan situasinya "mengerikan"."Olahraga yang aman dan iklim kerja sangat penting. Kami akan lebih memperhatikan hal ini dalam waktu dekat," katanya.Ajax berada di puncak Liga Belanda Eredivisie dengan 51 poin dalam 21 pertandingan.