Pernah Juara Judo Tingkat Nasional, Iwan Fals Tekuni Bela Diri untuk Lindungi Keluarga

Pernah Juara Judo Tingkat Nasional, Iwan Fals Tekuni Bela Diri untuk Lindungi Keluarga (Foto: Instagram/@iwanfals)
Pernah Juara Judo Tingkat Nasional, Iwan Fals Tekuni Bela Diri untuk Lindungi Keluarga (Foto: Instagram/@iwanfals) (Foto : )
Siapa yang tidak kenal dengan salah satu penyanyi legendaris Tanah Air, Iwan Fals? Sepanjang karir bermusiknya, Iwan Fals dikenal dengan lagu-lagunya yang menjadi hits dan diikuti dengan sejumlah penghargaan.
Tak hanya di bidang musik, Iwan Fals ternyata juga memiliki prestasi di bidang olahraga. Hal itu terungkap saat Iwan Fals hadir sebagai bintang tamu dalam kanal YouTube Soleh Solihun.Iwan Fals mengungkapkan telah menggeluti olahraga bela diri sejak kecil, mulai dari Judo yang membuatnya menorehkan prestasi di kancah nasional hingga jatuh hati pada bela diri karate.“Saya tuh SD sempat juara nasional Judo dulu, tingkat DKI dulu, SM, terus sempat belajar silat,” kata Iwan Fals dikutip Selasa (7/9/2021).Musisi berusia 60 tahun itu mulai tekun belajar karate saat ia dikaruniai anak pertama, Galang Rambu Anarki pada 1982 silam. Jika ditotal, Iwan Fals sudah mendalami karate selama 40 tahun.[caption id="attachment_492318" align="alignnone" width="800"]
YouTube/Soleh Solihun YouTube/Soleh Solihun[/caption]“Mulai anak saya lahir, almarhum, Galang, saya belajar karate lebih tekun. Umur 21 sampai sekarang, ya hampir 40 tahun,” tutur Iwan Fals.Pria dengan nama lengkap Virgiawan Listanto itu pun menjelaskan alasannya mempelajari olahraga bela diri tersebut. Ia ingin melindungi keluarganya, karena dulu sering merasa terganggu dengan beberapa orang di sekitaran rumahnya.Iwan Fals akhirnya memutuskan mempelajari bela diri karate. Setelah semakin lama berlatih, sang pelantun Bongkar ini justru jatuh hati.“Suatu saat saya merasa keluarga saya terancam, dulu tuh, akhirnya ya sudah saya latihan aja. Latihan persiapan untuk berkelahi sebenarnya,” ungkap Iwan Fals sambil tertawa.“Tapi ya udah lama-lama latihan ya jatuh cinta terus sampai sekarang,” pungkasnya.