Kenapa Otot Terasa Nyeri Setelah Berolahraga?

Kenapa Otot Terasa Nyeri Setelah Berolahraga?
Kenapa Otot Terasa Nyeri Setelah Berolahraga? (Foto : )
Otot terasa nyeri setelah berolahraga adalah hal yang normal terjadi. Bahkan pada tingkatan tertentu, itu menjadi indikasi bahwa kebugaran otot semakin meningkat.
Otot terasa nyeri setelah satu atau dua hari setelah berolahraga dapat menyerang siapa saja. Hal ini merupakan suatu hal yang normal terjadi, bahkan pada tingkatan tertentu, rasa nyeri itu dapat menjadi indikasi bahwa kebugaran otot semakin meningkat.Dikutip dari
NHS UK , ketika otot dituntut bekerja lebih keras dari biasanya, akan terjadi kerusakan mikroskopis pada serabut otot, sehingga menimbulkan nyeri atau kekakuan otot. Hal ini dinamakan dengan DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness).Biasanya, DOMS banyak terjadi pada orang-orang yang baru pertama kali berolahraga. Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan bahwa mereka yang sering berolahraga juga bisa mengalami DOMS. Hanya saja, tingkat nyeri ototnya pasti berbeda dikarenakan rasa sakit akan berkurang saat otot sudah terbiasa dengan tuntutan fisik yang dilakukan.Rasa sakit setelah olahraga adalah bagian dari proses adaptasi yang dapat meningkatkan kekuatan saat otot akan terbentuk. Oleh sebab itu, kita tidak perlu ketakutan dan kapok berolahraga ketika otot terasa sakit, karena itu adalah bagian dari proses pembentukan otot.Tak perlu khawatir, karena DOMS hanya berlangsung beberapa hari saja. Jika olahraga yang dilakukan cukup ringan, biasanya nyeri hanya akan terjadi pada satu atau dua hari. Namun jika olahraga yang dilakukan cukup berat, nyeri otot bisa berlangsung antara tiga hingga lima hari.Cara untuk meringankan DOMS adalah dengan mengompres otot yang terasa nyeri dengan es, istirahat dan memijat otot dengan pelan. Akan tetapi jika rasa sakit tidak tertahankan, segeralah pergi ke dokter untuk ditangani secara medis.