TikTok Ajak Masyarakat Jelajahi Cita Rasa Nusantara di #FoodFestOnTikTok

Food fest on tiktok
Food fest on tiktok (Foto : Istimewa)

Antv –Dari hiruk pikuk jajanan kaki lima hingga dapur rumahan yang sarat dengan harum rempah, kuliner Indonesia yang kaya akan rasa, budaya, dan tradisi terus. dirayakan oleh para pecinta kuliner, termasuk di TikTok. Mulai dari rekomendasi hidangan khas daerah, lokasi restoran terbaru untuk dikunjungi, hingga resep masakan praktis untuk dicoba bersama keluarga di rumah, komunitas pecinta kuliner datang ke TikTok untuk menemukan, berbagi, dan merayakan warisan kuliner Indonesia yang beragam. 

Komunitas kuliner yang autentik dan penuh semangat ini menjadi alasan TikTok meluncurkan kampanye dan festival kuliner pertama bertajuk #FoodFestOnTikTok yang didukung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Selain menyediakan tempat untuk mempertemukan komunitas kuliner, Pemprov DKI Jakarta juga akan membawa 30 UMKM kuliner binaannya untuk menyajikan hidangan lezat mereka di #FoodFestOnTikTok.

"Setiap hari, komunitas dan kreator pecinta kuliner berbagi cerita, ide, dan inspirasi tentang masakan lokal secara kreatif di TikTok. Dari mulai jajanan hidden gem hingga tutorial memasak, masyarakat dapat menjelajahi konten kuliner dari seluruh Indonesia lewat laman Untuk Anda (FYP), Banyak usaha kuliner lokal, termasuk UMKM, yang juga ikut ditemukan berkat interaksi aktif yang terjalin antara kreator dan pengguna di dalam platform kami. Kampanye #FoodFestOnTikTok menjadi cara kami untuk merayakan kuliner nusantara yang kaya bersama komunitas Tik Tok di Indonesia," jelas Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.

Kampanye #FoodFestOnTikTok ingin mendorong komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mengonsumsi konten tetapi juga aktif berpartisipasi dalam mempromosikan kuliner Indonesia melalui serangkaian kegiatan seru, di antaranya:

1. Berbagi kreasi kuliner lewat konten kreatif

Para pengguna diajak untuk aktif berpartisipasi dalam mempromosikan lanskap kuliner Indonesia yang beragam, melalui tantangan tagar #FoodFestOnTik Tok. Untuk mengikuti tantangan ini, pengguna perlu mengunggah video berdurasi minimal 60 detik ke TikTok dengan. menggunakan fitur 'tag lokasi ('location tagging) dan menyertakan tagar #FoodFestOnTikTok. Tiga kreator dengan konten kuliner paling kreatif berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp7,5 juta. Periode tantangan ini berlangsung dari 6 Mei-6 Juni 2024.

2. Kompilasi rekomendasi kuliner autentik