Singapura Jadi yang Pertama di Asia Tenggara Lakukan Vaksinasi Massal, Negara Lain?

pm singapura disuntik vaksin reuters
pm singapura disuntik vaksin reuters (Foto : )
Singapura jadi negara pertama di Asia Tenggara yang melakukan vaksinasi massal Covid-19. Lalu bagaimana dengan perkembangan negara lain di kawasan ini? 
Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang sudah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech pada Desember 2020 lalu.Negeri pulau itu juga yang jadi pertama melakukan vaksinasi massal yang mulai digelar Jumat (8/1/2021) kemarin.Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong adalah orang pertama di Singapura yang divaksinasi. Ia menerima vaksin Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Umum Singapura."Ini tidak menimbulkan rasa sakit. Ini efektif. Dan ini penting. Saya berharap warga Singapura akan menerimanya saat kami menggelar program vaksinasi. Kita memiliki jumlah vaksin yang memadai," kata perdana menteri berusia 68 tahun itu kepada wartawan.[caption id="attachment_423704" align="alignnone" width="900"]
Mulai vaksinasi massal, Singapura gunakan vaksin Pfizer-BioNTEch (Foto: Reuters)[/caption]Lee mengatakan akan ada cukup vaksin untuk semua orang di Singapura, termasuk non warga negara yang tinggal di sana, paling lambat pada kuartal ketiga 2021 atau akhir tahun.Setelah Singapura mulai melakukan vaksinasi, bagaimana dengan negara lain di Asia Tenggara? Berikut data-data tiap negara:

Indonesia

Sudah ada tiga juta dosis vaksin Sinovac yang berada di Indonesia. Namun hingga kini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum mengeluarkan izin penggunaan darurat.Namun Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat (8/1/2021) tetap optimis, izin penggunaan darurat akan keluar sebelum 13 Januari 2021.Rencananya pada 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo akan menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksinasi. (Baca juga: Ini kata BPOM soal waktu keluarnya izin penggunaan darurat vaksin Sinovac)