Manchester United 0-2 Manchester City, The Citizens ke Final Piala Liga Inggris

Manchester United vs Manchester City 0-2 Celebrasi Gol John Stone
Manchester United vs Manchester City 0-2 Celebrasi Gol John Stone (Foto : )
Manchester United 0-2 Manchester City, The Citizens ke Final Piala Liga Inggris. Manchester City sukses membekuk tuan rumah Manchester United 2-0 dalam Derby Manchester di semifinal Piala Liga Inggris.
Manchester City tampil luar biasa saat mengalahkan tuan rumah Manchester United dalam laga Derby Manchester di semifinal Piala Liga Inggris 2020/2021. The Citizens secara mengejutkan berhasil membekuk Setan Merah dengan skor 2-0 dalam Derby Manchester yang berlangsung di Old Trafford, Kamis 7 Januari 2021 dini hari WIB.Padahal skuat asuhan Pep Guardiolla sedang didanda badai Covid-19 sebelum pertandingan digelar. Tercatat 6 pemain Manchester City sudah positif terpapar virus Corona sejak menjelang pertandingan melawan Chelsea akhir pekan yang dimenangkan dengan skor 3-0 oleh Kevin De Bruynne dan kawan kawan.Sebelum pertandingan Derby Manchester, skuat asuhan Pep Guardiola kembali dilaporkan bertambah 2 orang pemain lagi yang dilaporkan positif terpapar Covid-19. Dengan pasukan yang makin berkurang hingga 8 orang positive Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri, serta dua pemain lainnya cidera, The Citizen melawat ke Old Trafford, Manchester, Inggris.Namun Manchester City berhasil membalikkan prediksi dari posisi underdog dengan meraih kemenangan 2-0 atas Manchester United di semifinal Piala Liga Inggris. Dua gol kemenangan The Citizen disumbangkan oleh John Stones pada menit ke-50’ dan Fernandinho pada menit ke-83’.Dengan hasil ini Manchester City berhasil melangkah ke final Piala Liga Inggris dan menantang Tottenham Hotspur yang sudah lolos lebih dulu ke Final. Sebelumnya, The Lilywhites maju ke final usai mengalahkan Brentford dengan skor sama 2-0.Pasukan Pep Guardiola akan menghadapi Tottenham Hotspur di final Piala Liga Inggris 2020/2021 yang akan diselenggarakan di Stadion Wembley, London, 25 April 2021.
Babak Pertama Manchester United vs Manchester City Tampil di kandang sendiri di Old Trafford, Manchester United berusaha menekan sejak awal pertandingan. Pelatih Ole Gunnar Solksjaer menurunkan kekuatan penuh dengan mengandalkan duet striker Marcus Rashford dan Anthony Martial sebagai ujung tombak kembar. Mereka disokong oleh gelandang serang Bruno Fernandes untuk mendobrak pertahanan Manchester City.Meski tampil menyerang, Solksjaer tetap memperkuat lini pertahanannya dengan memasang 4 bek dan 3 gelandang bertahan guna mengantisipasi serangan balik Kevin Bruynne dan kawan kawan yang terbukti sangat efektif saat menghancurkan Chelsea dengan skor telak 3-1 di pertandingan sebelumnya di lanjutan Liga Inggris.Percobaan pertama skuat Solksjaer mengancam gawang Manchester City datang di menit ke-9’. Namun upaya Bruno Fernandes masih bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper ketiga Manchester City Zack Steffen. Pep Guardiola tidak bisa menurunkan kipper utama Ederson Moraes dan kiper kedua Scott Carson yang sama sama terpapar Covid-19 sehingga harus absen dalam Derby Manchester kali ini.Pep Guradiola yang menurunkan pola 3-5-2 dengan menumpuk 5 pemain di lapangan tengah, mengandalkan serangan balik cepat dari striker Riyad Mahrez dan gelandang serang Kevin De Bruyne yang terpaksa didorong sebagai striker akibat banyaknya pemain City yang terpapar Covid-19.City mendapat peluang melakukan serangan balik dan mengancam lini pertahanan tuan rumah di menit ke-13’. Striker “dadakan” Kevin de Bruyne nyaris membawa tim tamu memimpin, jika saja tembakannya tidak membentur tiang gawang Emyu yang dikawal kipper Dean Henderson.Pertandingan babak pertama semakin berjalan dengan ketat di Old Trafford karena Manchester United terus berusaha mendobrak lini pertahanan Manchester City. Sebaliknya Guardiolla berusaha mematahkan serangan Setan Merah sejak di lapangan tengah dengan menumpuk 5 pemain diposisi gelandang serang dan bertahan yaitu Phil Foden, dan Ilkay Gundogan di kiri, Joao Cancelo dan Raheem Sterling di kanan serta Fernandinho sebagai playmaker untuk mengatur pertahanan sekaligus mengkoordinir serangan balik cepat sepanjang pertandingan.Strategi pertahanan dan serangan balik yang diterapkan oleh Pp Guardiola ini tampaknya berjalan dengan baik dalam laga yang berlangsung ketat tersebut. Upaya MU mencari gol pembuka terlihat lebih mudah di patahkan oleh Fernandinho dan kawan kawan.Sementara City yang hanya mengandalkan serangan balik belum mampu mengoyak gawang tuan rumah karena bermasalah pada penyelesaian akhir. Hingga istirahat babak pertama, kedua tim masih bermain imbang tanpa gol. Skor 0-0 mengakhiri paruh pertama Derby Manchester.[caption id="attachment_422823" align="alignnone" width="900"] Manchester City tundukkan Manchester United 2-0 di semifinal Piala Liga Inggris Manchester City akhirnya berhasil memimpin lima menit selepas istirahat setelah bek John Stones berhasil membuka keunggulan di menit ke-50’. (Foto : Manchester City)[/caption]