Masuk Lewat Bandara Soetta, 13 WNA Langsung Diperiksa

Masuk Lewat Bandara Soetta, 13 WNA Langsung Diperiksa
Masuk Lewat Bandara Soetta, 13 WNA Langsung Diperiksa (Foto : )
Sebanyak 13 Warga Negara Asing atau WNA yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta), langsung dikarantina.
Pemerintah Indonesia telah menerapkan penutupan masuknya WNA dari seluruh dunia ke Indonesia mulai Jumat (1/1/2021). Penutupan ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan covid-19 Nomor 04/2020.Namun, dalam penerapannya, para WNA masih diperbolehkan untuk masuk ke Indonesia dengan beberapa ketentuan yakni pemegang visa diplomatik dan visa dinas yang terkait kunjungan resmi pejabat asing setingkat menteri ke atas. Kemudian, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).Adanya hal ini, pihak PT Angkasa Pura II mencatat sebanyak 13 WNA yang bisa masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, karena memiliki KITAS."Ada 13 WNA yang kita catat masuk ke Indonesia dan tentunya mereka akan menjalani karantina terlebih dahulu," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno-Hatta, Romi Yudianto, Sabtu (2/1/2020), dilansir dari viva.co.id.Ia menambahkan, WNA yang diperbolehkan masuk ke Indonesia adalah yang dikecualikan dari penutupan sesuai dengan tercantum di dalam SE 04/2020."WNA bisa masuk ke Indonesia jika memenuhi kriteria pengecualian. Jika tidak, maka tidak diperbolehkan masuk," ujarnya.
Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, seluruh sumber daya bandara siap digunakan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pencegahan covid-19."Seluruh sumber daya Bandara Soekarno-Hatta, baik itu fasilitas maupun personel siap digunakan untuk mendukung kebijakan penutupan masuknya WNA pada 1-14 Januari 2021 dan juga karantina bagi WNI yang tiba sampai 14 Januari 2021," ungkapnya.Ia juga memastikan, Bandara Soekarno-Hatta tetap beroperasi 24 jam setiap hari untuk mendukung berbagai penerbangan, termasuk misalnya penerbangan repatriasi yang membawa WNI pulang ke Tanah Air, dengan aspek pelayanan tetap diutamakan dalam menyambut kepulangan WNI hingga pengantaran ke hotel lokasi karantina. Viva