Nasida Ria, Grup Gambus Jadul Yang Produktif Meski Pandemi

(Nasida Ria/ Foto: Teguh Joko Sutrisno/ANTV)
(Nasida Ria/ Foto: Teguh Joko Sutrisno/ANTV) (Foto : )

Group yang seluruh pemainnya perempuan tersebut, berhasil menelurkan album berjudul 45 Tahun Berkarya Masih ingat dengan Nasida Ria? Group kasidah legendaris asal Kota Semarang yang puluhan tahun malang melintang di dunia industri musik tanah air itu ternyata masih eksis sampai saat ini. Selama 45 tahun mewarnai dunia musik Indonesia dengan ciri khas gambusnya tersebut, hingga kini tetap produktif bikin lagu.

Bahkan saat pandemi seperti sekarang, group yang seluruh pemainnya perempuan tersebut, berhasil menelurkan album berjudul 45 Tahun Berkarya dengan tujuh lagu baru, dengan lagu andalannya bertajuk 'Kebaikan Tanpa Sekat'. Nasida Ria begitu berjaya dengan lagu kasidah religi di era 1980-1990an.

Yang sangat populer antara lain lagu "Kota Santri" dan "Perdamaian". Bahkan grup band GIGI pun sampai-sampai mendaur ulang lagu "Perdamaian" dengan gaya pop rock. Salah satu musikus Nasida Ria, Afuwah mengatakan, saat ini personil lama beberapa masih aktif yang dipadukan dengan personil baru untuk regenerasi.

Mereka adalah Afuwah (vokalis dan gendang), Nazla (vokalis), Hamidah (suling), Nadhiroh dan Nur Hayati (biola), Nur Jannah (biola dan vokal), Sofiyatun dan Siti Romnah (keyboard), Rien Jamain (bass dan tamborin), Ana (bass), Titik Mukaromah dan Towiyah (gitar).

Peluncuran album terbaru 45 tahun berkarya, dilakukan kru Nasida Ria saat bertamu ke rumah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sekaligus memberikan keping pertama album baru "Ternyata Pak Gub ini ngefans dengan Nasida Ria. Dulu setiap puasa katanya selalu mendengarkan lagu-lagu kami di radio ataupun televisi.

Dan ternyata juga hafal lagu-lagu kami itu," cerita Afuwah usai nyanyi bareng Gubernur. Ganjar pun mengapresiasi Nasida Ria yang terus mengalirkan darah seni sampai saat ini. Seni di group kasidah ini terus mengalir, meski saat ini sudah memasuki generasi ketiga.

"Ini luar biasa, kalau orang dulu mendengar Nasida Ria, pasti tahu karena group kasidah ini sangat luar biasa terkenal. Saya surprise karena tiba-tiba datang ke rumah dan mengenalkan album barunya. Ini sesuatu yang hebat menurut saya karena di tengah pandemi, mereka terus berkarya. Darah seni mengalir terus sampai sekarang generasi ketiga," ucapnya.