Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023

LOGO FIBA World Cup 2023 landscape
LOGO FIBA World Cup 2023 landscape (Foto : )

Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 akan menjadi turnamen ke-19 untuk tim nasional basket putra. Turnamen ini diharapkan bisa mempertemukan 32 tim terbaik yang akan bertanding. Indonesia boleh bangga karena terpilih menjadi tuan rumah untuk turnamen ini. Piala Dunia Bola Basket FIBA ini juga akan menjadi Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di tiga negara. Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Turnamen sendiri akan bergulir dari 1 hingga 17 September 2023. Fase Grup akan berlangsung di Indonesia, Jepang dan Filipina, dengan Fase Final menyusul di ibu kota Filipina, Manila. Ini adalah Piala Dunia Basket FIBA pertama yang diselenggarakan di Indonesia, dan yang kedua diselenggarakan di Filipina dan Jepang sejak mereka pertama kali menjadi tuan rumah pada 1978 dan 2006.

Untuk saat ini Spanyol berstatus sebagai juara bertahan dengan mengalahkan Argentina di Final 2019. Walaupun Indonesia jadi tuan rumah tapi Tim nasional putra Indonesia harus berjuang dulu di zona Asia, sebelum tampil di Piala Dunia.

Karena nantinya, hanya delapan tim teratas di Piala Asia FIBA 2021 yang berhak tampil di babak kualifikasi Piala Dunia. Jepang dan Filipina yang tampil di Piala Dunia Bola Basket FIBA 2019, telah mendapatkan tiket babak kualifikasi. Sementara Indonesia mendapat kesempatan untuk mengukir sejarah melalui FIBA Asia Cup 2021 tahun depan.

Menariknya, tiga tuan rumah terplih sudah membuat musik dengan durasi 30 detik yang sangat enak enak untuk di dengar, khusus untuk Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Musik dari ketiga negara itu pun punya nama masing-masing dan sudah bisa dilihat dan didengarkan musiknya di akun Instagram resmi milik FIBA, @fibawc. Musik-musik itu pun punya tagar #Don't Miss a Beat Untuk Indonesia, musik itu diberi nama “Garuda Beat”.

Bagaimana, enak didengarkan musiknya? Mungkin lebih enak lagi dengar musiknya sambil pegang bola basket kali ya, biar bisa merasakan ketukan lagu sambil memainkan bola basket.