Shin Tae-yong Cari Pemain Tinggi Dengan Skill Ball Mumpuni

Elkan Baggott dan Jack Brown saksikan laga Timnas U-19 vs NK Dugopolje 3-0
Elkan Baggott dan Jack Brown saksikan laga Timnas U-19 vs NK Dugopolje 3-0 (Foto : )
Shin Tae-yong mencari pemain tinggi dengan skill ball mumpuni. Satu-satunya pemain dengan tinggi badan diatas 180 cm adalah stopper keturunan Inggris Elkan Baggott dari klub Ipswich Town.
Timnas U-19 Indonesia semakin menunjukkan kemajuan pesat sejak ditangani Manajer pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong. Dalam pertandingan ujicoba terakhir Braif Fatari dan kolega sukses mengalahkan NK Dugopolje 3-0 di Stadion NK Uskok Klis, Split, Kroasia, Kamis (8/10/2020).Namun Shin Tae-yong tetap menyadari para pemain Timnas U-19 kalah dalam pertarungan bola bola atas jika menghadapi lawan dari Eropa, Amerika, atau Asia yang memiliki para pemain dengan tinggi badan diatas rata rata pemain Indonesia.Karena itu Manajer Pelatih Timnas U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa dirinya masih mencari pemain berpostur tinggi yang fasih dalam penguasaan bola."Saya mencari pemain dengan postur tinggi dan unggul dalam penguasaan bola," ujar Shin, dikutip dari saluran Youtube PSSI TV di Jakarta, Jumat.Salah satu pemain yang sudah didapatkan oleh Shin Tae-yong adalah stopper keturunan Inggris Elkan Baggott. Bek klub Ipswich Town Inggris ini memiliki tinggi badan 194 cm dan tangguh dalam duel bola bola atas. Elkan Baggott kni sudah bergabung dengan para pemain Timnas U-19 di kota Split, Kroasia sejak Rabu 7 Oktober 2020.Elkan Baggott bergabung dengan Timnas U-19 setelah tampil perdana bersama Tim Utama Ipswich Town saat mengalahkan Gillingham 2-0 dalam laga fase grup EFL Trophy 2020/2021. Ini merupakan debut professional Elkan Baggott bersama tim utama Ipswich Town pada Selasa (6/10/2020).Pelatih Ipswich Town Paul Lambert memberi kesempatan Elkan Baggott untuk tampil penuh selama 90 menit saat menghadapi Gillingham. Elkan tampil lugas dan bisa bekerjasama dengan seniornya Luke Woolfenden untuk menjaga gawang Ipswich Town tanpa kebobolan.Menurut Shin Tae-yong, postur pemain Timnas U-19 Indonesia tidak bisa diubah, tetapi Shin Tae-yong mulai melihat para pemainnya bisa bermain dengan lebih cepat karena dukungan kondisi fisik yang semakin prima.Karena itu mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia tersebut ingin menyempurnakan taktik penguasaan bola dan permainan cepat David Maulana dan kawan kawan.Sementara itu, menanggapi hasil kemenangan 3-0 yang diraih Brylian Aldama dan kawan-kawan, Shin Tae-yong menyatakan bahwa dirinya cukup puas dengan komposisi pemain yang ada saat ini.Shin Tae-yong mengakui jumlah pemain yang tinggi badannya di atas 180 sentimeter di timnya masih terbatas. Sosok pemain tertinggi di skuat Timnas U-19 yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia adalah Elkan Baggott yang bertinggi badan 1,94 meter.[caption id="attachment_385464" align="alignnone" width="900"]
Elkan Baggott pemain Timnas U-19 dengan tinggi badan 194 cm Elkan Baggott satu satunya pemain Timnas U-19 Indonesia yang memiliki postur tubuh diatas 180 cm, Stopper keturunan Inggris ini memiliki tinggi badan 194 cm. (Foto : PSSI)[/caption]"Postur pemain mungkin tidak bisa diubah, tetapi saya melihat anak-anak yang ada sekarang semakin cepat dalam bermain. Namun, semuanya masih membutuhkan proses," kata Shin Tae-yong.Timnas U-19 berada di Kroasia sejak 30 Agustus 2020 untuk menjalani pemusatan latihan (TC) lanjutan di luar negeri. Selama TC di Kroasia, Timnas U-19 sudah menjalani delapan pertandingan uji coba dengan hasil tiga kali menang, dua kali seri dan tiga kali kalah.Tiga kekalahan yang dialami Irfan Jauhari dan kolega semuanya berasal dari Tim Tim Eropa yaitu kalah 0-3 dari Bulgaria, dibantai 1-7 oleh Kroasia dan menyerah 0-1 dari Bosnia Herzegovina.Sementara tiga kemenangan Timnas U-19 diraih saat berhadapan kontra Qatar, Dinamo Zagreb dan NK Dugopolje yang ditaklukkan masing-masing dengan skor 2-1, 1-0 serta 3-0. Hasil seri didapatkan ketika melawan Qatar dan Arab Saudi.TC Timnas U-19 di luar negeri menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan. Setelah Piala Asia U-19, Timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.