Benarkah Putih Telur Lebih Sehat Dibanding Kuning Telur?

Benarkah Putih Telur Lebih Sehat Dibandingkan Kuning Telur?
Benarkah Putih Telur Lebih Sehat Dibandingkan Kuning Telur? (Foto : )
Putih telur seringkali dianggap lebih sehat dibandingkan kuning telur, faktanya kedua bagian telur ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dengan fungsi tersendiri.
Telur dikenal sebagai bahan makanan sehat karena memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur terdiri dari dua bagian, yaitu putih dan kuning telur. Kedua bagian ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dengan fungsi tersendiri.Dikutip dari
Times of India , putih telur mengandung protein yang sehat untuk tubuh tanpa menambahkan kalori. Bagian ini hanya mengandung sekitar 17 kalori dan bebas lemak, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu pembentukan otot dan menurunkan tekanan darah.Sementara kuning telur memiliki lebih banyak kalori yaitu sekitar 55 kalori dan diyakini mengandung lemak jenuh serta meningkatkan kadar kolesterol. Namun, kuning telur memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada putih telur. Nutrisi yang dikandung yaitu vitamin B6, B12, A, D, E, dan K.Selain itu, kuning telur juga mengandung kalsium, magnesium, zat besi dan selenium. Kandungan karotenoid pada kuning telur berperang penting melindungi mata dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan retina.Dari segi nutrisi yang terkandung dalam putih telur dan kuning telur, keduanya sama-sama sehat, tergantung apa tujuan yang ingin didapatkan. Jika berencana ingin menurunkan berat badan, lebih baik mengonsumsi putih telur karean kalori yang dikandung lebih rendah. Namun jika ingin mendapatkan asupan vitamin D, sebaiknya mengonsumsi kuning telur.Mengonsumsi telur secara utuh juga baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi satu hingga dua butir telur utuh setiap harinya. Hal ini karena akan memberikan manfaat yang lebih efektif.Namun, jika ingin mengonsumsi lebih dari dua butir telur sehari, maka sebaiknya hanya makan putih telurnya. Sebab, mengonsumsi kuning telur berlebihan dapat menimbulakn masalh kesehatan, seperti kolesterol.