Mudah Dilakukan, Ini 5 Tips Diet Karbo yang Patut Diperhatikan Agar Tetap Sehat

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet (Foto : Freepik/pereslavtseva)

AntvDiet karbohidrat atau yang lebih dikenal dengan sebutan diet karbo, merupakan pendekatan diet yang fokus terhadap pengurangan konsumsi karbohidrat dalam makanan sehari-hari.

Tujuan utama dari diet satu ini ialah untuk mengendalikan asupan karbohidrat demi membantu seseorang mengatur berat badan, mengelola kadar gula darah, dan meningkatkan kesehatan. 

Bagi pemula, tentu diet jenis ini tak banyak yang tahu. Tenang saja, di bawah ini akan dibahas tentang tips diet karbo yang bisa kamu pahami agar tetap sehat. 

Apa saja itu? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasannya di bawah yang telah dihimpun dari berbagai sumber. 

Tips Diet Karbo

1. Perhatikan Porsi Makanan

img_title
Ilustrasi makanan. (Foto: Pexels/Polina Kovaleva)

Tips pertama yang dapat kamu lakukan yakni dengan memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi.

Dalam hal ini, meski kamu mungkin mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi, namun penting juga untuk memperhatikan porsi makanan secara keseluruhan. 

Pastikan asupan makanan kamu seimbang dengan protein, lemak sehat, sayuran, serta karbohidrat dalam proporsi yang tepat. Selain itu, kamu juga jangan sampai melupakan kebutuhan nutrisi yang lainnya.

2. Tetap Terhidrasi

img_title
Minum air putih. (Foto: VIVA)

Ketika kamu memutuskan untuk mengikuti diet karbo, penting untuk tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Caranya mudah, kamu cukup minum air sepanjang hari untuk menjaga fungsi tubuh secara optimal. 

Tak hanya itu, air juga bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan camilan tak sehat.

Jika kamu merasa bosan dengan rasa air, maka bisa tambahkan potongan buah atau rempah-rempah demi memberikan sentuhan rasa. 

3. Jangan Lupa Sayuran 

img_title
Kehilangan nutrisi dalam sayuran. (Foto: Pixabay)

Sayuran merupakan teman terbaik dalam diet karbo. Pasalnya, sayur rendah kalori, kaya serat, dan memberi rasa yang nikmat pada hidangan yang kamu konsumsi. 

Eksplorasi berbagai jenis sayuran, seperti di rebus, panggang, tumis, atau buat salad dengan bahan-bahan beragam. Tentu aktivitas semacam itu bisa memberikan makanan kamu akan menjadi lebih menarik. 

4. Jangan Lupakan Kelezatan

img_title
Ilustrasi makanan sehat. (Foto: Freepik/ rawpixel.com)

Tips diet karbo selanjutnya yakni jangan melupakan kelezatan dari makanan. Dalam hal ini, jangan membiarkan diet jadi beban secara emosional. 

Caranya mudah, kamu cukup mengizinkan diri agar bisa menikmati makanan favorit sesekali dengan porsi seimbang tentunya. 

Kamu pun bisa membuat alternatif makanan lebih sehat atau mengatur jadwal makan lebih tepat.

Selain itu, jangan lupa juga agar bergerak dan berolahraga secara teratur, hal ini demi meningkatkan pembakaran kalori serta menjaga kesehatan secara menyeluruh.

5. Pilih Diet yang Baik

img_title
Ilustrasi wanita yang sedang diet. (Foto: Freepik/ jcomp)

Tips diet karbo yang selanjutnya yakni dengan memperhatikan dan memilih diet dengan baik. Daripada kamu menghindari karbohidrat sepenuhnya, maka bisa memilih sumber karbohidrat baik untuk tubuh.

Kamu bisa memprioritaskan karbohidrat kompleks yang ditemukan di dalam sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta kacang-kacangan. 

Karbohidrat kompleks tersebut akan memberikan energi yang lebih tahan lama serta mempunyai serat baik untuk pencernaan. 

Namun, perlu diperhatikan agar bisa menghindari makanan olahan dan gula tinggi, sebab mereka bisa menyebabkan lonjakan gula darah secara cepat.

Nah, itulah beberapa tips diet karbo yang bisa kamu lakukan agar tubuh tetap sehat. Dalam hal ini, diet karbo bisa menjadi pilihan menarik untuk mencapai berat badan ideal dan gaya hidup sehat. 

Selain itu, ingatlah dalam memilih karbohidrat yang baik dengan memperhatikan porsi makanan, mengeksplorasi sayuran, tetap terhidrasi, dan tidak melupakan kelezatan makanan yang dikonsumsi tentunya.