VAR Akan Digunakan di Perempat Final Liga Champions Asia

VAR AFC
VAR AFC (Foto : )
VAR akan digunakan di perempat final Liga Champions Asia. Babak Perempat Final LCA akan dilanjutkan kembali setelah kondisi pandemi Virus Corona mulai mereda.
AFC membagi pertandingan lanjutan Perempat final Liga Champions Asia 2020 di dua tempat yaitu Qatar dan Malaysia. Sistem Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan di babak perempat final Liga Champions Asia musim 2020. Hal ini dikemukakan oleh badan sepak bola Asia atau AFC seperti dilansir laman resmi AFC, Senin 24 Agustus 2020.ketetapan ini sebagai komitmen Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk memastikan wasit Asia terus meningkatkan tolok ukur baru dalam memimpin pertandingan sepakbola internasional.Teknologi Video Assistant Referee (VAR) pertama kali digunakan di sepak bola Asia tahun lalu pada babak delapan besar Piala Asia AFC di Uni Emirat Arab. VAR kemudian diterapkan di semua pertandingan (32 partai) kejuaraan Piala AFC U-23 di Thailand pada Januari 2020.Setelah menyelenggarakan berbagai kursus dan seminar VAR sejak Maret 2017, AFC memiliki rekam jejak yang terbukti dalam penerapan sistem VAR yang telah disahkan oleh FIFA dan IFAB. Teknologi Var akan diperkenalkan di kompetisi klub AFC untuk pertama kalinya di perempat final Liga Champions Asia.Liga Champions Asia adalah kompetisi klub elit yang ditangguhkan pelaksanaannya sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19. Babak Perempat final LCA akan dilanjutkan kembali setelah kondisi pandemi Virus Corona mulai mereda.Selain itu, untuk lebih memperkuat kemampuan AFC dalam aplikasi sistem VAR di Liga Champions Asia, AFC akan menggelar Lokakarya Petugas Informasi VAR (VIO) yang akan diselenggarakan pada 26 Agustus 2020. Lokakarya ini bertujuan untuk memastikan para VIO mendapatkan informasi yang baik tentang perkembangan VAR terbaru.Penggunaan Sistem VAR bertujuan untuk memberikan gangguan minimum dengan manfaat maksimum dalam pertandingan sepakbola. VAR khususnya digunakan untuk membantu wasit mengidentifikasi atau melihat tayangan ulang terhadap 4 hal utama yang sangat berpengaruh terhadap jalannya pertandingan.Teknologi VAR dimanfaatkan untuk membantu wasit membuat keputusan yang tepat terhadap terjadinya gol atau tidak ada gol, tendangan penalti, kartu merah langsung, dan keputusan identifikasi pemain agar tidak salah.[caption id="attachment_365708" align="alignnone" width="900"]
VAR digunakan di Perempat final Liga Champions Asia VAR akan digunakan di perempat final Liga Champions Asia. Liga Champions Asia akan dilanjutkan kembali setelah kondisi pandemi Virus Corona mulai mereda. (Foto : AFC)[/caption]Dengan demikian diharapkan perempat final Liga Champions Asia akan berlangsung lebih baik dengan diterapkannya teknologi VAR. AFC membagi pertandingan lanjutan perempat final Liga Champions Asia di dua tempat yaitu Qatar dan Malaysia.Lanjutan kompetisi Liga Champions Asia untuk wilayah Asia Barat akan berlangsung di Qatar. Kompetisi dengan sistim home turnamen ini akan dimulai pada 14 September 2020.Sementara untuk lanjutan kompetisi Liga Champions Asia wilayah timur akan sidelenggarakan di Malaysia mulai 16 Oktober 2020.