Menjadi Tempat Perputaran Ekonomi, Stadion Jadi Pemersatu Bangsa di BRI Liga 1 2023/2024

BRI Liga 1
BRI Liga 1 (Foto : Dok. Liga 1)

AntvStadion merupakan faktor penting bagi terselenggaranya pertandingan sepak bola, khususnya di BRI Liga 1 2023/2024. Apalagi stadion menjadi tempat berkumpulnya para pendukung yang memberikan dukungan kepada tim kesayangannya secara langsung.

Selain pertandingan, stadion juga menjadi perputaran ekonomi. Sebagai tempat berkumpul, stadion bukan hanya dipenuhi supporter, tapi juga pelaku UMKM seperti penjual merchandise sampai penjual makanan.

BRI Liga 1 2023/2024 merupakan kompetisi kasta teratas sepak bola profesional di Indonesia. Dengan status tersebut, standar stadion pun menjadi prioritas.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator BRI Liga 1 2023/2024 sudah memverifikasi stadion yang digunakan oleh 18 klub.

Setidaknya ada empat aspek yang menjadi perhatian PT LIB dan PSSI dalam melakukan verifikasi stadion. Keempat aspek tersebut adalah kelayakan infrastruktur, keamanan dan keselamatan, lalu fasilitas bidang pertandingan, serta kebutuhan host broadcaster.

img_title
BRI Liga 1. (Foto: Dok. Liga 1)

"Proses standarisasi ini memang perlu kami lakukan agar seluruh stadion yang akan dipakai oleh klub-klub Liga 1 memiliki standar yang sama sesuai aspek-aspek yang berlaku saat ini," kata Ferry Paulus selaku Direktur Utama PT LIB.