Bhinneka Tunggal Ika Alasan Illija Spasojevic Pilih Kebangsaan Indonesia

Illija Spasojevic dan Merah Putih
Illija Spasojevic dan Merah Putih (Foto : )
Bhinneka Tunggal Ika alasan Illija Spasojevic pilih kebangsaan Indonesia. Spasojevic mengungkapan kecintaannya memilih berkebangsaan Indonesia karena merasakan kepedihan dari negaranya yang terpecah belah.
Ilija Spasojevic adalah salah satu punggawa Bali United yang merupakan seorang pemain Naturalisasi bangsa Indonesia. Tepat pada hari Senin 17 Agustus 2020 adalah Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 75 Tahun bagi bangsa Indonesia yang berhasil memproklamasikan diri pada 17 Agustus tahun 1945.Momen HUT RI 17 Agustus juga menjadi momen spesial bagi Illija Spasojevic bersama istri dan kedua anaknya. Spasojevic kini sudah menjadi warga negara Indonesia setelah proses naturalisasinya selesai tahun 2017.Ilija "Spasogol" Spasojević  lahir di Bar, SFR Yugoslavia, 11 September 1987 merupakan pemain sepak bola asal Montenegro yang mulai berkarir di Indonesia pada tahun 2011. Pada 1 Januari 2011 Spasojević menandatangani kontrak dengan Bali Devata, di mana ia segera menjadi pemain kunci dengan mencetak 8 gol dalam setengah musim pertama Liga Primer Indonesia.Pemain yang mendapat julukan Spasogol ini mencetak 2 gol dalam pertandingan persahabatan yang dimainkan pada tanggal 23 Agustus 2011 di Stadion Gelora 10 November melawan tim Nasional Indonesia U-23, meskipun Bali Devata dikalahkan 2:4 dalam pertandingan itu.
Alasan Illija Spasojevic Pilih Warga Negara Indonesia Spasojevic mempunyai alasan sangat kuat untuk menjadi warga negara Indonesia. Semboyan Bhineka Tunggal Ika atau berbeda beda tetapi tetap satu yang menjadi semboyan bangsa Indonesia merupakan magnet kuat bagi Spasojevic untuk beralih kewarga negaraan sebagai warga negara Indonesia.Pasalnya Spasojevic sudah merasakan pahit dan kejamnya derita akibat perpecahan yang melanda bangsanya Yugoslavia. Spasojevic awalnya bermain untuk Yugoslavia U17, U19 Yugoslavia, saat negaranya terpecah belah, Spaso kemudian memperkuat Timnas Serbia-Montenegro U-21. Tak lama kemudian Spanyo harus berganti kewarganegaraan untuk memperkuat tim nasional Montenegro U21.[caption id="attachment_362925" align="alignnone" width="900"] HUT RI ke75 Illija Spasojevic Bali United Striker Naturalisasi Bali United Illija Spasojevic awalnya bermain untuk Yugoslavia U17, U19 Yugoslavia, saat negaranya terpecah belah, Spaso kemudian memperkuat Timnas Serbia-Montenegro U-21 sebelum pindah lagi ke Timnas Montenegro dan kinia menjadi andalan Timnas Indonesia. (Foto : Wikipedia)[/caption]Halaman Selanjutnya