Catatan Sepak Bola Isman Jasulmei: Garuda Menang, Asalkan.....

Catatan Sepak Bola Isman Jasulmei: Garuda Menang, Asalkan
Catatan Sepak Bola Isman Jasulmei: Garuda Menang, Asalkan (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Sebagai pemerhati sepak bola, saya tetap optimistis Garuda Muda bisa menang dari Timnas Guinea pada laga play off perebutan tiket Olimpiade Paris 2024, yang  berlangsung,  Kamis (9/5/2024) malam, di Paris.

Kemenangan itu akan diperoleh, asalkan Rizky Ridho, Marselino, Witan  Sulaeman dan kawan-kawan menjalankan beberapa catatan berkaitan dengan syarat bermain, sebagai berikut.

PERTAMA, squad Garuda Muda masuk ke lapangan harus dengan mental sekuat baja. Percaya diri bisa menandingi permainan lawan, tidak ada pikiran lawan tangguh, lalu sudah kalah sebelum bertanding.

Semua pemain tidak terbebani target harus menang. Juga melupakan kritik pedas  dari netizen. Pemain justru tampil enjoy, tapi serius, penuh percaya diri dan konsisten sepanjang pertandingan.

Konsistensi mental sangat penting untuk menghadapi pertandingan yang situasinya tidak terduga. Mulai lawan bermain keras, keputusan wasit yang kontroversial, hingga lawan lebih dulu mencetak gol.

Apa pun bentuk tekanan, Garuda Muda jangan mudah panik, tetap  tenang, dan  bermain dengan cerdas. Komunikasi antar pemain dijaga dan berjalan efektif.

Sesema pemain saling mengingatkan, saling membantu, dan saling memahami. Tak ada yang egois, apalagi marah-marah, saling menyalahkan.