Hamilton Pecah Ban di Lap Terakhir Namun Tetap Juara

20200803_062329
20200803_062329 (Foto : )

Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Britania di Sirkuit Silverstone, Inggris. Luar biasa teknik dan mental Hamilton yang tetap menjaga mobilnya di garis terdepan hingga finis kendati ban depan kiri mobilnya pecah di lap terakhir.

Hamilton mampu membawa mobil W11 melintasi garis finis lebih dulu. "Lap terakhir itu, tadinya semuanya berjalan mulus, ban terasa bagus. Valtteri sangat menekanku, jadi ketika saya mendengar ban dia bocor, saya melihat ban saya dan tampak baik," kata Hamilton.

"Saya mulai bertahan, saya melihat bentuk ban mulai berubah. Saya mencoba mempertahankan kecepatan, ya Tuhan! Saya tak pernah mengalami ini di lap terakhir, jantung saya nyaris berhenti," kata Hamilton.

Valtteri Bottas juga mengalami pecah ban dua lap jelang finis ketika berada di belakang Hamilton yang memimpin lomba, hingga pembalap Finlandia itu harus merelakan posisinya direbut oleh Max Verstappen.

Bottas yang bisa saja naik podium hari itu, justru terlempar ke P11. Pembalap Red Bull, kendati gagal menyusul Hamilton kehilangan bannya, cukup puas finis runner-up, 5,856 detik setelah Hamilton.

Charles Leclerc mengamankan podium untuk Ferrari di P3. "Ini beruntung dan ketidakberuntungan. Ban tidak terlihat bagus dengan sepuluh lap terakhir, saya melihat Valtteri bocor...lalu Lewis juga bocor ban. Saya sangat senang di tempat kedua," kata Verstappen.

Renault mendapati hasil positif di Silverstone setelah Daniel Ricciardo mengamankan finis terbaiknya musim ini di P4, sedangkan Esteban Ocon finis P6 di belakang pebalap McLaren Lando Norris.