Sederet Fakta dan Data Kapal Perang KRI Teluk Jakarta yang Tenggelam

kri teluk jakarta
kri teluk jakarta (Foto : )
Sebuah kapal perang TNI Angkatan Laut (AL), KRI Teluk Jakarta dengan nomor lambung 541 tenggelam di Timur laut Pulau Kangean, Jawa Timur. Berikut sederet dan faktanya.
Kapal TNI AL, KRI Teluk Jakarta tenggelam di perairan Pulau Kangean, Jawa Timur, sekira pukul 9 pagi, Selasa (14/7/2020) kemarin. Ini fakta dan data kapal tersebut.

Kapal Bocor

Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksma Mohammad Zaenal mengatakan, KRI Teluk Jakarta-541 mengalami kebocoran saat menggelar operasi dukungan laut pergeseran logistik ke wilayah Timur."KRI Teluk Jakarta-541 yang sedang melaksanakan operasi dukungan laut pergeseran logistik ke wilayah timur mengalami kebocoran yang mengakibatkan tenggelam pada kedalaman sekitar 90 meter di perairan Timur laut Pulau Kangean," kata Mohammad Zaenal, seperti dilansir Viva.co.id, Rabu (15/7/2020).Selain mengalami kebocoran, kapal juga dihantam gelombang tinggi. Tinggi gelombang laut di lokasi kejadian berkisar 2,5-4 meter.

Awak Kapal Selamat

Tercatat ada 55 awak kapal di KRI Teluk Jakarta saat kejadian. Seluruh awak kapal berhasil diselamatkan TM Tanto Sejahtera yang sedang berlayar dekat lokasi kejadian.Selanjutnya para awak KRI Teluk Jakarta akan dievakuasi ke Surabaya untuk mendapat perawatan lebih lanjut. KRI RE Martadinata yang merupakan kapal perang kelas frigat telah dikerahkan mendekati KM Sejahtera untuk membawa seluruh ABK KRI Teluk Jakarta.

Berusia 41 Tahun