Bundesliga: Tanpa Penonton, Derbi Borussia Dortmund vs Schalke 04 Tetap Panas

Laga pembuka Bundesliga spieltag ke-26 akan menyajikan derbi panas Lembah Ruhr, Borussia Dortmund vs Schalke 04 di Signal Iduna Park
Laga pembuka Bundesliga spieltag ke-26 akan menyajikan derbi panas Lembah Ruhr, Borussia Dortmund vs Schalke 04 di Signal Iduna Park (Foto : )
Setelah ditangguhkan sejak pertengahan Maret lalu imbas pandemi virus corona, Bundesliga Jerman 2019-2020 dipastikan akan kembali bergulir pada 16 Mei mendatang, meski tanpa suporter. Yang menarik, laga pembuka spieltag ke-26 salah satunya akan menyajikan derbi panas Lembah Ruhr, Borussia Dortmund vs Schalke 04 di Signal Iduna Park.
Signal Iduna Park yang menjadi markas Borussia Dortmund dipastikan sepi akhir pekan ini. Stadion berkapasitas 80 ribu tempat duduk itu selalu penuh sesak ketika Die Schwarzgelben menjamu Schalke 04.Meski tanpa kehadiran pendukung setia kedua tim tensi panas derbi Lembah Ruhr, Borussia Dortmund vs Schalke 04, diyakini tidak akan berkurang.Ya, Liga Jerman 2019-2020 dipastikan menggelar semua laga tanpa penonton hingga akhir musim. Keputusan itu diambil sesuai aturan yang diterbitkan Pemerintah Jerman terkait kerumunan massa di tengah pandemi virus Corona Covid-19.Laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 pada pekan ke-26 Bundesliga 1 ini juga aja menjadi ujian tersendiri bagi tuan rumah. Mereka tak menang dalam dua edisi terakhir Derbi Lembah Ruhr (1 seri, 1kalah). Bahkan, dalam tiga edisi terakhir di kandang sendiri, mereka juga tak pernah menang (2 seri, 1 kalah).Die Schwarzgelben baru saja menuai kekalahan 0-2 pada leg II babak 16-besar Liga Champions di kandang Paris Saint-Germain. Erling Haaland memperpanjang puasa golnya jadi dua laga.Namun Dortmund tak tertakalahkan di kandang pada musim ini (13 menang, 4 seri). Erling Haaland cs memenangi 4 laga terakhir pada pentas Bundesliga 1 dengan selalu mencetak gol dalam 14 laga Bundesliga 1 terakhir dan hanya kebobolan 1 gol.Jadon Sancho menjadi bintang BVB dengan selalu membuat gol dan/atau assist dalam 8 laga terakhir pada ajang Bundesliga 1.Sementara Schalke, Die Knappen dalam tren buruk. Tim asuhan David Wagner tak memenangi enam laga terakhir (3 seri, 3 kalah). Sejumlah pilar mereka juga cedera atau tak dalam kondisi prima. Salah satunya Suat Serdar yang dikabarkan belum sepenuhnya fit.Dalam 2 edisi terakhir laga Derbi Lembah Ruhr di kandang Dortmund, Schalke selalu mencetak 4 gol dan Daniel Caligiuri selalu tak absen membobol gawang tuan rumah. Namun Weston McKennie cs gagal mencetak gol dalam 4 laga tandang terakhir.Total dalam 8 kesempatan terakhir, 5 kali laga Borussia Dortmund vs FC Schalke 04 alias Derbi Lembah Ruhr berakhir imbang (1 kali Die Schwarzgelben menang, 2 kali Die Knappen menang) dengan laga paruh pertama berakhir 0-0.