Sebanyak 24 Awak KM Lambelu Diduga Terpapar Corona, Kapal Dikarantina

km lambelu foto pt pelni
km lambelu foto pt pelni (Foto : )
Sebanyak 24 awak KM Lambelu diduga terpapar corona atau Covid-19. Kapal penumpang milik PT Pelni itu pun akhirnya dikarantina di Makassar.
Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Yahya Kuncoro Senin (13/4/2020) mengatakan, pihaknya telah melakukan karantina KM Lambelu. Ini dilakukan sebagai tindak lanjut pemberlakuan
portstay  kapal di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan.Menurut Yahya, langkah ini juga diambil berdasarkan hasil pemeriksaan sampel terhadap 42 awak kapal. Ternyata. dari hasil pemeriksaan, ditemukan indikasi terpapar tanpa gejala Covid-19 pada 24 awak kapal.Saat ini seluruh petugas kapal menjalani isolasi secara mandiri di atas kapal dengan jarak 2 mil dari daratan.Pengawasan dilakukan dengan ketat dari manajemen dan otoritas pelabuhan serta Kantor Kesehatan Pelabuhan di Makassar.Yahya menjelaskan, sebagai perusahaan yang memberikan jasa dan pelayanan bagi publik, para awak kapal memiliki potensi risiko terpapar yang sangat tinggi.Ini karena mereka yang bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat dan selalu bertemu serta berinteraksi dengan banyak orang.Jadi  kemungkinan besar bisa terjangkit dari para pembawa virus ( carrier ) karena mereka selalu berada di atas kapal.Oleh karena itu PT Pelni terus melakukan peningkatan pengawasan terhadap kesehatan seluruh awak kapal dan membekali mereka dengan alat pelindung diri serta vitamin.

Akses Penumpang Dibatasi