Dokter Timnas U16 Beberkan Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Dokter Timnas U16 Beberkan Cara Mencegah Penularan Wabah Virus Corona (Foto: PSSI)
Dokter Timnas U16 Beberkan Cara Mencegah Penularan Wabah Virus Corona (Foto: PSSI) (Foto : )
Dokter Timnas U16, Ifran Akhmad memberi penyuluhan pencegahan virus Corona, kepada tim asuhan Bima Sakti di sela-sela pemusatan latihan, Rabu (12/3/2020).
Dikatakan Ifran Akhmad seperti dikutip dari situs resmi PSSI, virus Corona adalah jenis virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Awal penularannya melalui hewan seperti kelelawar, onta dan ular.Virus ini merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Namun, virus ini hanya dapat bertahan pada suhu dibawah 10 derajat celcius.“Adapun gejala-gejala yang dapat diketahui adalah, demam, batuk, sakit kepala, badan terasa lemas, hidung tersumbat dan sakit tenggorokan,” jelas Ifran.Ifran juga mengatakan, bahwa penularan virus Corona dari manusia ke manusia, dapat melalui cairan.“Seperti saat sedang batuk, bersin dan berjabat tangan. Virus ditularkan jika Anda menyentuh cairan orang yang terinfeksi, lalu menyentuh mata, hidung dan juga mulut,” tutur Ifran.Berikut cara mengatasi penularan virus Corona menurut dokter Timnas U16, Ifran Akhmad:
  1. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik dan pastikan tangan, jari, kuku bersih dari kuman.
  2. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi seimbang (perbanyak sayur dan buah).
  3. Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.
  4. Menutup mulut, hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk.
  5. Hindari kontak dengan orang yang sakit.
  6. Hindari bepergian ke daerah yang terjangkit virus ini.
  7. Gunakan masker jika berada di lingkungan rumah sakit yang merawat pasien infeksi Corona.
Untuk pemakaian masker, Ifran menyarankan pemakaian dua jenis masker.“Pertama, Masker N95 yang dapat memfilter 95% 0,3um pertikel dan menahan virus. Digunakan untuk penyakit yang ditularkan melalui udara,” kata Ifran.“Kedua, masker bedah, ada 3 lapis, paling luar waterproof untuk mencega percikan masuk ke masker; lapis tengah untuk filtrasi yang dapat menahan 90% partiker 5um serta lapisan dalam digunakan untuk menyerap yang lembab/basah," pungkasnya. PSSI