Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Ternyata Bahaya Bagi Ginjal

Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Ternyata Bahaya Bagi Ginjal
Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Ternyata Bahaya Bagi Ginjal (Foto : )
Walaupun vitamin C dibutuhkan oleh tubuh, namun konsumsi vitamin ini secara berlebihan bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh, salah satunya ginjal.
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Vitamin yang banyak terkandung pada buah-buahan dan sayuran ini dikenal mudah larut dalam air, sehingga berfungsi dalam penyerapan zat besi.Walaupun vitamin C dibutuhkan oleh tubuh, namun konsumsi vitamin ini secara berlebihan bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh, salah satunya ginjal. Studi dari University of Florida mengungkapkan bahwa takaran vitamin C yang dianjurkan sebanyak 80-90 miligram. Tidak ada manfaat lebih yang didapatkan oleh tubuh ketika mengonsumsinya melebihi jumlah tersebut.Tubuh secara otomatis akan membuang kelebihan vitamn C melalui urine. Seseorang yang mengonsumsi vitamin C melebihi batas yang dianjurkan bisa mengalami gangguan pencernaan ringan, karena vitamin yang tidak diserap tubuh akan mengiritasi saluran pencernaan.Melansir dari
Medical News Today , konsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi secara terus menerus juga bisa menimbulkan batu ginjal. Ketika seseorang membebani tubuh dengan dosis vitamin C yang lebih besar dari batas anjuran, kelebihan vitamin itu akan mulai menumpuk pada ginjal.Pada kasus yang cukup jarang terjadi, seseorang yang mengonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi setelah menjalani transplantasi ginjal bisa meninggal dunia, akibat timbunan kalsium oksalat yang merusak ginjal barunya. Itulah mengapa vitamin C tidak boleh diberikan pada pengidap gagal ginjal.Jika anda merasakan nyeri hebat di bawah tulang rusuk yang menjalar ke perut bagian bawah dan disertai nyeri saat buang air kecil, segeralah periksakan diri anda ke dokter, karena bisa jadi itu tanda batu ginjal.