JB Sumarlin, Menteri Keuangan Era Presiden Soeharto Tutup Usia

Prof.-J.-B.-S
Prof.-J.-B.-S (Foto : )
Berita duka datang dari dunia ekonomi nasional. Telah meninggal dunia Menteri Keuangan era Presiden Soeharto, Johannes Baptista Sumarlin yang meninggal dunia di usia 87 tahun, Kamis (6/2/2020).
Dari informasi yang dihimpun almarhum meninggal pukul 14:15 WIB di RS Carolus, Jakarta. Rencananya, jenazah almarhum bakal disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam, Semanggi, lantai 36.Lahir 7 Desember 1932 di Nglegok, Blitar, Menempuh pendidikan S-1 Ekonomi di Universitas Indonesia. Gelar sarjananya diraih tahun 1958.Menempuh pendidikan S-2 di Universitas California Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Arts (M.A) pada tahun 1960. Pendidikan S-3 nya ditempuh di Universitas Pittsburgh Amerika Serikat dan gelar doktor Ph.D didapat pada tahun 1968.JB Sumarlin merupakan tokoh ekonomi nasional yang tak hanya banyak berperan dalam perekonomian RI tapi juga sering dipercaya mengemban sejumlah jabatan penting di pemerintahan.Perjalanan karir di Kementerian Keuangan dirintis sejak melakukan Gebrakan Sumarlin I pada tahun 1987. Pada saat itu menjabat sebagai Ketua Bappenas dan Menteri Keuangan ad Interim. Gebrakan Sumarlin I adalah pengetatan moneter dengan cara menaikkan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI).Sejak 1970 hingga 1998, JB. Sumarlin banyak berperan dalam pusat kebijakan ekonomi dan keuangan. Penghargaan yang diraih atas Pengabdiannya yaitu Menteri Keuangan terbaik tahun 1989 oleh
Euromoney dan tahun 1990 oleh majalah Asia, Bintang mahaputra Adipradana III (1973), dan pernah pula meraih Bintang Grootkruis in de Orde van Leopold II dari pemerintah Belgia tahun 1975.Hingga berita diturunkan, Menurut rencana jenazah akan dimakamkan di San Diego Hills pada Senin, 10 Februari 2020. (*)