Benarkah Ular Kobra Dalam Tradisi Hindu Adalah Pertanda Bencana?

Benarkah Ular Kobra Dalam Tradisi Hindu Adalah Pertanda Bencana?
Benarkah Ular Kobra Dalam Tradisi Hindu Adalah Pertanda Bencana? (Foto : )
Tradisi Hindu memiliki pendangan spiritual tersendiri terhadap ular. Secara umum ular adalah perlambang proses penciptaan, kehidupan, dan kematian.
Ular bagi sebagian besar orang seringkali dianggap sebagai hewan yang ditakuti dan harus dihindari. Tapi tahukah anda bahwa agama dan tradisi tertentu punya pandangan tersendiri tentang binatang yang satu ini.Banyak peradaban yang memandang ular sebagai hewan dengan mitologi tertua, sehingga lambangnya paling sering dipakai di dunia. Tafsiran-tafsiran tentang ular pun beragam. Ada yang menganggapnya sebagai perlambang kedigdayaan yang dapat membinasakan, dan ada juga yang mempercayainya sebagai perlambang penciptaan.Salah satu tradisi yang memberikan pemaknaan khusus terhadap ular adalah tradisi Hindu. Bagi umat Hindu India khususnya, ular memiliki makna simbolis tertentu yang lebih kompleks. Ular dianggap melambangkan tiga siklus penciptaan, yaitu proses penciptaan, kehidupan dan kematian.Berikut makna simbolik ular yang paling umum dalam tradisi Hindu:
 Waktu (Kala) dan Kematian Umat Hindu percaya akan adanya Kala (Bhuta Kala) atau juga dikenal dengan waktu, dan ular dianggap sebagai perlambangnya. Ular juga dianggap mewakili kematian, baik kematian yang tidak terduga ataupun kematian yang timbul karena kemalangan.Salah satu dewa yang sangat dipuja dalam dalam tradisi Hindu adalah Dewa Siwa yang dikenal sebagai dewa pelebur. Dewa Siwa sendiri digambarkan sebagai dewa berkalungkan ular kobra. Umat Hindu memuji Siwa sebagai penyembuh dan pelindung manusia dari kematian dan kehancuran. Prana (Energi Kehidupan) Ular dalam bentuk naga sering digunakan dalam teks-teks Hindu, dan mengacu pada nafas keluar (apana) atau yang dikeluarkan mulut dan lubang tubuh lainnya. Sama seperti ular yangkeluar d ari bagian bawah tanah, nafas juga keluar dari lubang tubuh tertentu. Sebagai pemimpin dari indera, prana mendistribusikan makanan untuk semua organ tubuh. Oleh karena itu, ular dianggap sebagai simbol prana yang kekal dan tidak bisa dihancurkan Benang Suci dan Ornamen Keilahian