Last Sunday Ride Tangerang 2019, Event Gowes Terbesar Menyatukan Komunitas Sepeda Se-Tangerang Raya

Last Sunday Ride Tangerang 2019, Event Gowes Terbesar Menyatukan Komunitas Sepeda Se-Tangerang Raya (Foto Istimewa)
Last Sunday Ride Tangerang 2019, Event Gowes Terbesar Menyatukan Komunitas Sepeda Se-Tangerang Raya (Foto Istimewa) (Foto : )
Last Sunday Ride ( LSR) Tangerang 2019 merupakan LSR pertama yang digelar di kota Tangerang dan akan diikuti oleh pesepeda dari beragam Komunitas Sepeda di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. (Tangerang Raya)
Poetot Soedarjanto (Bike to Work),Ridwan Boby (Capedalist) dan Kang Alif yang merupakan penggiat sepeda dan penggagas LSR Tangerang menyatakan bahwa banyak komunitas sepeda yang perlu dipersatukan agar tercipta kebersamaan.“Saya dan Kang Alif melihat begitu banyak komunitas pesepeda di Tangerang dan pada setiap hari Rabu malam para pesepeda dari beragam komunitas sepeda di penjuru Tangerang ini berkumpul untuk gowes barengan. Dari situlah tercetus ide, kami ingin membawa event LSR yang sudah marak dilakukan oleh wilayah lain seperti Jakarta, Bogor dan lainnya untuk juga diadakan di Kota Tangerang," ujar Poetot Soedarjanto.Ditambahkan Poetot, untuk mrrealisasikannya, pihaknya kemudian mengundang seluruh ketua komunitas untuk bersama-sama menyatukan visi dan misi."Kami coba merealisasikan ide tersebut. Kemudian Selasa, 10 Desember 2019 kami mengundang beberapa perwakilan komunitas pesepeda yang ada di Tangerang, antara lain Selitangs, Capedalist, TOC, ID Dahon,B2W Tangerang Raya, Escomo, SCR, KASEP, BOSS, Selipat, Cityslip, Slibs, OKCC, NORCC untuk membentuk panitia LSR Tangerang 2019. Dengan dukungan mereka akhirnya LSR Tangerang Insya Alloh akan diselenggarakan pada Hari Minggu, 29 Desember 2019," tambah Poetot.Menurut Om Bob nama panggilan dari Ridwan Bobby, melalui event LSR atau Last Sunday Ride inilah secara serentak akan dilakukan di beberapa kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor dan Makasar.Panitia LSR Tangerang 2019 telah menyiapkan rute gowes yang menarik. Di mulai dari Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, kemudian menelusuri wilayah Tangerang Kota, menuju ke Kabupaten Tangerang dan diakhiri kembali ke Tangerang Kota, dengan jarak tempuh kurang lebih 30 KM.Informasi dari panitia pendaftaran sudah lebih dari 700 orang pesepeda telah mendaftar untuk mengikuti LSR perdana di Tangerang ini.“Kami mempersilakan untuk pesepeda yang belum mendaftar pun tetap dapat gowes bareng, karena kami memiliki semboyan “Satu nusa, Beragam sepeda” dan “kita tidak sama, kita sepedaan sama-sama,” tambah BobbyYang istimewa dari LSR Tangerang 2019, walaupun event gowes mandiri dan tidak dipungut biaya apapun, panitia akan memanjakan peserta LSR Tangerang dengan mendapatkan starter pack/Bike Tag, makanan ringan, minuman ringan dan bahkan ada ratusan doorprize.Acara ini akan diikuti oleh Walikota Tangerang Bapak H. Arief R. Wismansyah B.SC.,M.Kes dan Wakil Walikota Tangerang, Bapak Drs.H Sachrudin beserta Jajaran.
Sekilas tentang LSR Last Sunday Ride diprakarsai sekelompok pesepeda “Fixed Gear” di seputaran Jakarta yang rutin bersepeda bersama. Ide LSR muncul sebagai kegiatan bersama pesepeda pada hari Minggu terakhir di penghujungtahun.Pesepeda penggerak LSR mempunyai visi awal akan kota yang ramah, aman, dan nyaman untuk bersepeda. Berawal di Jakarta dan kemudian berkembang ke kota-kota lain di Indonesia.LSR perdana pada 2010 diikuti 40an pesepeda yang mengekplorasi Jakarta. Seiring semakin berkembangnya kebersamaan pesepeda, LSR banyak diikuti dan jadi agenda wajib komunitas pesepeda di ibukota.