Mikel Arteta Resmi Menjadi Pelatih Termuda Kedua Arsenal

Mikel Arteta resmi menjadi pelatih termuda kedua Arsenal usai dikontrak hingga 2023
Mikel Arteta resmi menjadi pelatih termuda kedua Arsenal usai dikontrak hingga 2023 (Foto : )
Penggemar Arsenal bisa bergembira, menyusul Mikel Arteta yang telah resmi menjadi pelatih baru The Gunners pada Jumat (20/12/2019) malam waktu Inggris. Pria asal Spanyol itu diikat dengan kontrak berdurasi 3,5 tahun atau hingga pertengahan 2023.
"Dengan senang hati kami umumkan Mikel Arteta gabung klub sebagai pelatih kepala pada hari Minggu," demikian bunyi pernyataan di situs resmi Arsenal.Sebelumnya, asisten Pep Guardiola itu sudah mengucapkan salam perpisahan kepada para pemain dan staf Manchester City pada sesi latihan Kamis 19 Desember 2019 di Manchester.Arsenal harus membayar kompensasi bernilai satu juta poundsterling kepada Manchester City demi melicinkan jalan pria berusia 37 tahun itu ke
The Gunners . Di klub London Utara itu Arteta disebut mendapat kontrak per tahun mencapai 5 juta paun (Rp91,8 miliar).Meski telah resmi diumumkan, Arteta dikabarkan tidak akan langsung bertugas memimpin Mesut Ozil dan kolega pada laga melawan Everton pada Sabtu 21 Desember 2019 malam WIB.Caretaker Freddie Ljungberg masih akan bertugas memimpin anak buahnya pada sesi latihan dan pertandingan tersebut dari bangku cadangan. Mikel Arteta hanya akan hadir dan menonton pertandingan dari tribun Stadion Goodison Park.Setelah memecat Unai Emery pada 29 November lalu, Arsenal menunjuk Freddie Ljungberg sebagai pelatih interim.Di tangan Ljungberg, performa Arsenal tidak membaik dengan hanya meraih 4 poin dalam 4 pertandingan terakhir di Liga Inggris.Arteta diketahui sudah menjadi tangan kanan Pep Guardiola di Manchester City sejak 2016. Sebelum jadi asisten manajer Guardiola, Arteta menutup karir profesionalnya sebagai pesepakbola di Arsenal. Ia memperkuat Meriam London pada 2011-2016.Selama jadi pemain, Arteta tampil 150 kali bersama Arsenal. Ia turut mengantar Arsenal memenangkan dua gelar Piala FA dan Community Shield .Masih berusia 37 tahun, Arteta juga menjadi pelatih termuda kedua Arsenal sepanjang sejarah. Dia hanya kalah dari Terry Neil, yang berusia 34 tahun saat menjadi pelatih Tim Gudang Peluru pada tahun 1976.