Viral Masinis Hentikan Lokomotif Untuk Beli Makanan, Ini Penjelasan PT KAI

masinis kembali ke lokomotif usai beli makanan di warung
masinis kembali ke lokomotif usai beli makanan di warung (Foto : )

Sebuah video kereta berhenti di tengah perlintasan jadi viral di dunia maya. Yang bikin heboh, si masinis rupanya sedang membeli makanan di warung seberang rel. Begini penjelasan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Dalam video berdurasi 23 detik itu, para pengendara sedang menanti  kereta yang berhenti di tengah perlintasan .

Tiba-tiba ada seorang pria berseragam PT KAI keluar dari sebuah warung membawa bungkusan diduga makanan. Dengan santainya, pria itu kembali berjalan dan masuk ke lokomotif kereta. Aksinya disaksikan banyak pengendara yang menunggu di pintu perlintasan. Video masinis membeli makanan pun langsung jadi viral di dunia maya. Beragam komentar pun bermunculan, termasuk mempertanyakan ke pihak PT KAI.

Menanggapi kejadian tersebut, Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta Eva Chairunisa memberikan klarifikasi. Eva mengatakan, video ini terjadi pada 31 Oktober 2019. Saat itu KA Pangrango rute Sukabumi Bogor dengan nomor 393 sedang berhenti di Stasiun Parungkuda Sukabumi untuk proses naik turun penumpang. Menurutnya, penutupan perlintasan sebidang tersebut bukan karena sedang menunggu asisten masinis dari Lokomotif CC 206 13 33, melainkan sedang menunggu penumpang naik dan turun kereta.

Dikatakan, setiap kereta yang berhenti di Stasiun Parungkuda, lokomotifnya akan menutup Jalan Parakan Salak yang tepat berada di ujung emplasemen stasiun. Hal tersebut dikarenakan stasiun yang kecil dan emplasemen stasiun yang tidak cukup panjang, sehingga posisi Semboyan 10 G yang merupakan tanda berhenti lokomotif berada sejajar dengan perlintasan sebidang. Karena itu Eva kembali membantah penutupan perlintasan kereta lantaran menunggu  masinis yang sedang membeli makanan. Ditambahkan, penutupan perlintasan tersebut selalu terjadi setiap harinya dan merupakan hal yang normal di Stasiun Parungkuda.