Polres Boyolali Memiliki Kendaraan Taktis Armored Water Canon

Water cano atraksi
Water cano atraksi (Foto : )

Polres Boyolali kini mempunyai kendaraan Mobil Armored Water Canon (AWC), yang merupakan bantuan dari Mabes Polri untuk memperkuat kendaraan taktis Polres Boyolali, Jawa Tengah. Kapolres Boyolali AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, memperkenalkan kendaraan itu kepada awak media, baik media lokal Boyolali maupun Media nasional yang datang bersama dengan Divisi Humas Mabes Polri dan juga para anggota Polres Boyolali.

Dengan penyerahan simbolis dari Kapolres kepada anggotanya maka kendaraan taktis buatan PT Pindad sudah bisa dipergunakan. Wilayah Boyolali memiliki beberapa objek vital, seperti  bandara, depo Pertamina dan juga pusat bisnis. Kondisi ini menurut Kapolres keberadaan kendaraan taktis seperti Water canon dibutuhkan, apalagi pada tahun 2020 akan digelar Pilkada pemilihan Bupati Boyolali.

Menurut Kapolres, kendaraan taktis berkapasitas angkut 6.500 liter dengan 3 tangki tersebut akan dipergunakan untuk mengurai konsentrasi massa, dengan jarak efektif semprotan air antara 50 meter hingga 70 meter. Namun tidak hanya untuk kegiatan yang bersifat represif kendaraan ini juga bisa difungsikan untuk berbagai hal yang bersifat kemanusiaan seperti menyalurkan bantuan air bagi wilayah di Boyolali yang mengalami kekeringan.

"Kendaraan taktis ini, selain fungsi represif, juga dapat digunakan untuk tugas-tugas kemanusiaan, antara lain dropping air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan, perbantuan untuk pencegahan dan pem‎adaman bencana kebakaran hingga untuk menyiram tanaman," tegas Kapolres. Hal lain yang bisa dimanfaatkan dari kendaraan ini untuk sarana edukasi pengenalan tugas-tugas kepolisian, baik kepada para siswa sekolah maupun masyarakat umum.

"Kami berharap dengan kehadiran kendaraan multifungsi ini, akan mampu meningkatkan moral dan semangat personilnya dalam menjalankan fungsinya," katanya. Polres Boyolali tentunya akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan juga perlindungan bagi masyarakat dengan baik dan profesionalisme seiring dengan makin dipenuhinya kebutuhan peralatan operasional kepolisian termasuk adanya Armored Water Canon. Tegas Kapolres. Yudi Sinaga | Boyolali, Jawa Tengah