Pendaki panik terjebak api, puluhan hektar hutan Gunung Sumbing terbakar

Pendaki panik terjebak api, puluhan hektar hutan Gunung Sumbing terbakar
Pendaki panik terjebak api, puluhan hektar hutan Gunung Sumbing terbakar (Foto : )
Api diketahui berasal dari petak 27-7. Hembusan angin membuat api terus menjalar ke petak-petak lainnya. Api di lereng Gunung Sumbing wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah makin meluas!
Dari pos pendakian Desa Pagergunung, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung nampak api membakar hebat hutan lindung pada petak 20-7 dan 23-3. Hingga Minggu, 22 September 2019 siang, api terlihat semakin membesar. Tiupan angin yang kencang serta kondisi lahan kering membuat api terus merembat ke padang ilalang di petak itu.[caption id="attachment_231579" align="aligncenter" width="899"]
Pendaki panik terjebak api, puluhan hektar hutan Gunung Sumbing terbakar (Foto: medcom.com)[/caption]Dari keterangan Asisten Perhutani Temanggung, Kusino, api pertama kali terlihat pada Sabtu, 21 September 2019 petang. Api membakar petak 27-7 dengan luasan 2,7 hektar. Api lalu merembet ke petakĀ  23-3 dengan luasan 23,7 hektar. Petak ini hanya terdapat padang rumput dan ilalang atau savana.Pihak Perhutani belum bisa mengupayakan pemadaman karena sulitnya medan. Saat ini pihak Perhutani dibantu personel Polri dan sejumlah relawan hanya bisa melakukan penyekatan agar api tidak merembet ke petak lain. Pendaki Panik Terjebak Api Sempat terjadi kepanikan diantara para pendaki. Kobaran api sangat dekat dengan jalur pendakian. Para pendaki tidak sempat sampai ke puncak Gunung Sumbing karena petugas dari basecamp memperingatkan mereka untuk turun agar tidak terjebak api.