Elegannya Merpati Impor, Dijual Rp20 Juta Lebih

Elegannya Merpati Impor, Dijual Rp20 Juta Lebih
Elegannya Merpati Impor, Dijual Rp20 Juta Lebih (Foto : )

Sejak 2009, Ambar Wahyudi memiliki hobi mengembangbiakan burung merpati hias impor. Burung merpati impor ini memilki bulu unik dan lucu. Diimpor dari berbagai negara seperti Inggris, Amerika dan Cina.

Ketertarikan Ambar bermula ketika melihat burung merpati impor di laman media sosial. Ambar yang sehari-hari berprofesi sebagai guru ini pun mencari tahu tentang keberadaan burung itu.

Namun burung incaran ambar tidak ada di Indonesia. Ambar mencari tahu tentang keberadaan burung itu. Ternyata, burung incarannya merupakan merpati impor.  “Norwitch copper ini berasal dari Inggris. Merpati tersebut bisa mengelembungkan tembolok hingga melebihi tubuhnya ketika bersuara atau menarik lawan jenisnya.

Berjalan tegak, kaki sedikit berjinjit," kata Ambar.  Melalui seorang relasinya di Eropa, Ambar membeli sepasang norwitch copper. “Saya beli seharga Rp25 juta. Di negara Eropa. Saya beli lewat teman,” kata Ambar.

Sekarang Ambar tidak hanya memelihara burung kesayangannya, tapi juga sudah mengembangbiakkan.  Membudidayakan merpati hias ini tidaklah sulit. Hanya butuh ketekunan menjaga kebersihan kandang serta burung. 

Kualitas makanan juga perlu dijaga.  Makanannya jagung, kacang hijau, beras merah, beras ketan hitam atau pur.  Ambar juga memberi merpati piaraanya dengan vitamin khusus untuk merpati.

Selain Norwitch Copper, Ambar juga punya merpati impor dari berbagai negara. Di antaranya, Fairly Swallow asal Kroasia. merpati Lahore dan merpati Chenes Owl asal China. Serta River Swing Pouter dan merpati Saint asal Amerika.