Kawasan Pembalak Liar Terbesar di Jambi Digrebek Petugas Mabes Polri

Kawasan Pembalak Liar Terbesar di Jambi Digrebek Petugas Mabes Polri
Kawasan Pembalak Liar Terbesar di Jambi Digrebek Petugas Mabes Polri (Foto : )

Petugas dari Mabes Polri melakukan penggrebekan sebuah lokasi pembalakan liar di Jambi. Ribuan kubik kayu ditemukan di lokasi ini. newsplus.antvklik.com - Kawasan pembalakan kayu secara ilegal terbesar di Jambi yaitu di kawasan Hutan Lindung Muaro Pancoran, digrebek tim Subdit 3 Tipidter Bareskrim, Mabes Polri.

Ribuan kubik kayu ditemukan di lokasi perbatasan Jambi-Sumatera Selatan ini. Ribuan kubik kayu ditemukan di lokasi pembalakan liar Selain mengamankan dan menemukan ribuan kubik kayu berjenis meranti ini, Tim Bareskrim Mabes Polri juga berhasil menangkap beberapa orang pekerja.

Sayangnya setelah dilakukan penyisiran, petugas tidak menemukan pengelola dan pemodal aksi pembalakan kayu secara ilegal ini. Setelah mengamankan lokasi penggrebekan, petugas kemudian memasang garis polisi di sebuah areal yang dijadikan gudang penyimpanan kayu ilegal tersebut. Selain itu petugas juga membakar sebuah tempat yang dijadikan tempat produksi gelondongan kayu menjadi papan agar tidak dapat difungsikan lagi.

“Mereka sudah melakukan pembalakan dan mendekati kawasan hutan lindung. Pelaku sudah ada yang kita amankan satu orang. Yang lain sempat melarikan diri, Insya Allah pelaku lainnya akan segera kita tangkap, termasuk pemodalnya, “ ujar Kasubdit 3 Tipidter, Kombes Pol. Irsan.

Guna pengembangan, pihak Mabes Polri akan melakukan kerjasama dengan pihak Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk mengamakan ribuan kubik kayu yang ditemukan di lokasi penggrebekan tersebut agar tidak disalahgunakan. | Bayu Alfarizi – Muhammad Adjie | Jambi |