BPOM Ungkap Pabrik Kosmetik Palsu dan Oplosan

Obat Ilegal
Obat Ilegal (Foto : )
BPOM menemukan 53 item dengan sekitar 679.000 pieces kosmetik ilegal maupun oplosan, seperti sabun, bedak, dan scrub, termasuk dari merk-merk terkenal.
newsplus.antvklik.com- Tim penyidik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkap empat lokasi di Jakarta Barat, yang diduga memproduksi dan mengedarkan kosmetik palsu senilai Rp30 miliar.Salah satu dari empat lokasi yang menjadi tempat produksi kosmetik ilegal termasuk palsu atau oplosan, berada di Taman Surya Boulevard Kompleks, Kalideres, Jakarta Barat yang digerebek  Badan Pengawas Obat dan Makanan.Dari lokasi ini, ditemukan 53 item dengan sekitar 679.000 pieces kosmetik ilegal maupun oplosan, seperti sabun, bedak, dan scrub. Tidak hanya kosmetik perempuan, tapi juga ada produk untuk pria seperti minyak rambut.
Bahkan beberapa merk kosmetik ternama di pasaran dan impor seperti dari Korea dan Amerika juga dipalsukan. Di lokasi ini, petugas menyita dan mengamankan bahan baku, produk jadi, mesin produksi, kemasan dan lain sebagainya.Petugas telah menetapkan seorang tersangka, pria berinisial DV dan meminta keterangan empat orang saksi. Menurut pengakuan DV, bisnis kosmetik ilegal dengan 11 karyawan ini beroperasi sejak Oktober 2018 senilai Rp30 miliar. https://newsplus.antvklik.com/news/grebek-gudang-bpom-polri-temukan-bahan-baku-dan-kosmetik-ilegal-rp-73-miliar | Restu Wulandari dan John Bosco | Jakarta |