Tiga Lifter Indonesia Jadi Manusia Terkuat Di Dunia

Sri Hartati - Lifter putri Indonesia
Sri Hartati - Lifter putri Indonesia (Foto : )
Istilah manusia terkuat di Dunia mungkin cocok disematkan kepada mereka para atlit angkat besi dunia yang berhasil menorehkan angkatan terberat. Dan diantara sekian banyak negara di dunia, Indonesia patut berbangga karena tiga lifternya menjadi manusia terkuat di dunia, usai berhasil memecahkan rekor dunia.
  1. Sri Hartati - Lifter putri Lampung
Lifter Putri binaan Gajah Lampung, Sri Hartati membuat debut gemilang memecahkan rekor Dunia Angkat Berat pada event bertajuk World Open Powerlifting Championship di Halmstad, Swedia. Sri Hartati yang turun di kelas 57 Kg berhasil memecahkan 2 rekor dunia masing - masing untuk total angkatan dan di jenis angkatan Squat.Di total angkatan, Sri mencatat rekor dunia baru dengan total agkatan 565 Kg sekaligus merebut emas. Kemudian di jenis angkatan Squat, lifter putri berusia 34 tahun tersebut mencatat 225 Kg dan sekaligus meraih emas. Selain memecahkan 2 rekor Dunia, Sri Hartati meraih 3 emas dan 1 Perak.
  1. Widari - Lifter putri Kalimantan Timur
Selain Sri, lifter putri asal Kalimantan Timur, Widari yang turun di kelas 47 Kg putri juga berhasil memecahkan rekor Dunia di jenis Angkatan Bench press dengan angkatan 141 Kg. Widari total merebut 2 emas dan 1 perak.
  1. Eko Yuli Irawan – Lifter putra Jawa Timur
Sebelumnya lifter putra binaan PB PABBSI lainnya Eko Yuli Irawan yang juga turun di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018 yang berlangsung di Asghabat, Turkmenistan pun mengukir sejarah baru dengan memecahkan 3 rekor dunia sekaligus.Eko Yuli yang turun di kelas 61 Kg yang merupakan kelas yang baru dipertandingkan memecahkan rekor masing-masing Clean And Jerk 173 Kg menjadi 174. Kemudian total angkatan 312 Kg menjadi 313 dan Total angkatan dari 313 Kg menjadi 317 kg. Dengan demikian Eko berhak atas 3 medali emas di ajang yang merupakan seri pertama kualifikasi olimpiade Tokyo 2020 ini.