Suksesnya Asian Games dan Para Games, Indonesia Ukir Sejarah

ukir sejarah
ukir sejarah (Foto : )
Suksesnya penyelenggarakan Asian Games 2018 dan Asian Para Games ( APG ) 2018 telah mengukir  sejarah terbaik pelaksanaan olahraga terbesar di Asia.
Hal itu diungkapkan t Ketua Inapgoc Radja Sapta Oktahari di acara Diskusi Empat tahun kerja pemerintah Joko Widodo - Jusuf Kalla yang bertema " Kebudayaan dan Prestasi Bangsa " bertempat di Auditorium Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara Jakarta,. ( 24/10/18 ).
"Indonesia jadi yang pertama di dunia yang mampu melaksanakan acara besar dalam waktu kurang dari 15 bulan. Kita buat benchmark (tolok ukur) baru dari Asian Games dan Asian Para Games, bahwa Asian Para Games di Indonesia adalah yang terbaik yang ada di dunia. Dan itu tidak hanya dibandingan dengan Asian Para Games, tapi juga dengan Paralympic Games," ujar Raja Sapta Oktohari.
Dalam penyelenggaraan APG 2018 ini ada empat target yang ditetapkan, antara lain sukses pelaksanaan, sukses administrasi, sukses legacy, dan sukses prestasi. Dari keempat target tersebut, hanya sukses administrasi yang belum tercapai karena masih dalam prosies dan ditargetkan rampung Desember 2018.
Perlu di ketahui dalam perhelatan olah raga Asian Games 2018 yang bergengsi tersebut, Indonesia berada di posisi ke 4 dengan 31 Emas 24 Perak dan 43 Perunggu, sedangkan di ajang Asian Para Games, Indonesia menduduki peringkat 9 dengan perolehan 38 Emas, hasil tersebut melampaui target yang telah di tentukan oleh pemerintah.
Laporan Kukun Dwi Parwanto dan  Wisnu Hutomo