Catatan Ilham Bintang: Bang One Karni Ilyas Ikut Mengantre Berfoto dengan Patung Hachiko di Tokyo

Bang One Karni Ilyas Ikut Mengantre Berfoto dengan Patung Hachiko di Tokyo
Bang One Karni Ilyas Ikut Mengantre Berfoto dengan Patung Hachiko di Tokyo (Foto : Istimewa)

AntvPatung Hachiko yang mengabadikan legenda persahabatan Profesor Hidesaburo Ueno dari Universitas Tokyo  dengan Anjing Akita menarik perhatian  Karni Ilyas.

Bang One, panggilan akrab wartawan senior itu,  Rabu (26/10) pagi, terlihat ikut mengantre untuk berfoto di samping patung Hachiko.

Pagi itu perempatan Shibuya, Tokyo, Jepang, yang merupakan simpang jalan tersibuk di dunia, belum seramai ketika jam pulang kantor. Tapi Patung Hachiko yang berdiri di salah sudutnya sudah di antre panjang oleh pengunjung.

Tepat 10 November 2023 ini Hachiko akan berusia 100 tahun.Ia lahir pada 10 November 1923, di peternakan Odate, Prefektur Akita, Jepang. Setahun kemudian, dia diadopsi oleh Hidesaburo Ueno.

Ueno yang mengabdi di Departemen Pertanian di Universitas Kekaisaran Tokyo kemudian membawanya tinggal di Shibuya, Tokyo.

Anjing ini terkenal karena kesetiaannya menunggu Hidesaburo Ueno, di stasiun kereta Shibuya, Tokyo, bahkan sampai sekian lama setelah kematian sang majikan.

Legenda Malin Kundang

Rombongan "Astra Japan Trip 2023" termasuk yang menjadikan Patung Hachiko sebagai Meeting Point kemarin. Rombongan itu terdiri dari para wartawan pemimpin redaksi media nasional yang diundang oleh Astra International berkunjung ke Jepang, 24 s/d 28 Oktober. Di antara programnya, menghadiri pameran Japan Mobility Show 2023, Rabu (25/10).

Momen Karni Ilyas berfoto dengan Hachiko, hari ketiga trip. Agenda hari itu akan mengunjungi Mori Art Museum di Shibuya dan Pabrik Isuzu di Fujisawa, 1,5 jam perjalanan dari Tokyo. Astra Japan  Trip 2023 dipimpin oleh Boy Kelana Subroto, Head of Corporate Communications Astra.

Di belakang Bang One, ikut mengantri, Don Bosco Selamun, Dirut Metro TV, dan Rosiana Silalahi, pemred Kompas TV yang juga mengaktifkan video  membuat konten TikTok. Ada juga Maria Benyamin (Bisnis Indonesia), Titin Rosmasari (CNN), Regina Panontongan (Astra) dan Kevin Teofilus Setiawan pemandu wisata dari Golden Rama.

 

img_title
Suasana Antrean untuk Berfoto dengan Patung Hachiko di Tokyo. (Foto: Istimewa)


Apa yang membuat Karni tertarik Hachiko?