5 Makanan Aneh Khas India: Ada Fermentasi Rebung hingga Sayur Campur Ulat

Makanan India
Makanan India (Foto : pixabay/balouriarajesh)

AntvIndia tidak hanya terkenal dengan industri hiburan dan para artis Bollywood yang mendunia. Negara itu juga identik dengan kekayaan kuliner dan makanan unik cenderung aneh yang tak dijumpai di negara lain.

Kekayaan kuliner India sudah terlihat dari banyaknya jenis makanan pokok yang dikonsumsi warga di sana. Setidaknya ada tujuh makanan pokok yakni nasi, roti, dal, biryani, idli, tapioka dan ragi.

Selain makanan pokok, ada banyak makanan tradisional India yang terkesan aneh bagi banyak orang. Tak hanya bahan dan bentuk makanannya, cara pembuatan makanan India yang tak lazim juga kerap viral di media sosial.

Berikut 5 makanan aneh Khas India yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Vada Pav

Vada Pav adalah jajanan yang populer di Mumbai. Makaan terdiri dari vada (bola goreng tepung kacang-kacangan atau kentang) yang disajikan di dalam pav (roti bundar seperti burger). Kombinasi antara vada yang renyah dan pav yang lembut membuatnya menjadi makanan yang menarik.

2. Masala Dosa

Masala dosa adalah dosa yang diisi dengan masala aloo (kentang yang dimasak dengan rempah-rempah). Dosa adalah kue tipis dan renyah yang terbuat dari adonan fermentasi yang terdiri dari lentil dan nasi. Masala dosa merupakan makanan untuk sarapan yang terkenal di India Selatan.

3. Jalebi

Jalebi adalah makanan penutup yang terbuat dari adonan tepung yang digoreng dan kemudian direndam dalam sirup gula. Bentuk makanan ini seperti kumparan atau spiral dan memiliki rasa manis yang kuat. Jalebi sering disajikan dengan dahi (yogurt) untuk mengimbangi manisnya.

4. Fermentasi Rebung

Rebung atau daging tunas bambu yang difermentasi adalah makanan yang populer di beberapa bagian timur laut India, seperti Assam dan Manipur. rebung tersebut dipotong-potong dan difermentasi selama beberapa hari sebelum dimasak dengan rempah-rempah dan bumbu. Rasa daging tunas bambu yang difermentasi bisanya menjadi asam dan unik.

5. Eri Polu

Eri Polu adalah hidangan khas dari Sikkim, sebuah negara bagian di timur laut India. Makanan ini adalah hidangan berbahan dasar ulat sutera yang dimasak dengan sayuran dan rempah-rempah. Meskipun mungkin terdengar aneh bagi beberapa orang, ulat sutera sebenarnya memiliki kandungan gizi yang tinggi dan dianggap sebagai makanan yang lezat di Sikkim.