Hubungan Badan Suami Istri di Bulan Ramadan, Boleh Enggak Sih?

Ilustrasi hubungan suami istri
Ilustrasi hubungan suami istri (Foto : U-Report)

Antv – Bulan Ramadan, umat muslim disarankan memperbanyak amal ibadah dan menjauhi perbuatan maksiat, salah satunya hubungan seksual suami istri. Hubungan badan merupakan hal normal, bahkan termasuk ibadah. Lantas, bagaimana hubungan badan suami istri di bulan Ramadan?

Bulan Ramadan, ada beberapa hal yang membatalkan ibadah puasa selain makan dan minum secara sengaja.

Ada larangan yang harus ditaati yaitu tidak bersetubuh dengan suami atau istri saat ibadah puasa dilaksanakan karena bisa membatalkan puasa.

Berhubungan suami istri saat bulan Ramadan dibagi menjadi dua kondisi yaitu saat malam hari dan siang hari.

Malam Hari

Berhubungan badan suami istri pada malam hari di bulan Ramadan hukumnya mubah atau boleh.

Hal ini terdapat dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala, yakni: "Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu. Mereka adalah pakaian bagimu dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam." (QS. Al-Baqarah: 187).