Suka Duka Pelihara Anjing Havanese, Sampo dan Kondisioner Wajib Ada

Anjing Havanese.
Anjing Havanese. (Foto : Reuters)

Antv – Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan paling populer. Bagi pecinta dan pelihara anjing Havanese butuh perjuangan. Gampang-gampang susah memelihara anjing berambut lebat itu.

Maylin Amador memelihara anjing Havanese, salah satu ras anjing yang menarik di Kuba. Anjing Havanese termasuk tipe Bichon, anjing kecil yang kuat, punya rambut lebat, panjang, dan bergelombang.

Anjing tersebut dianggap sebagai anjing nasional pulau Karibia. Amador telah memelihara dan merawat hewan-hewan tersebut selama lebih dari 32 tahun di ibu kota Havana.

Pelihara anjing Havanese menjadi kegemarannya. Amador memberikan kasih dan menjaga hewan tersebut tetap bersih dan cukup makan.

Amador mengaku sempat kesulitan merawat anjing itu lantaran negaranya menghadapi kekurangan makanan, obat-obatan, dan barang lainnya.

Seperti Sampo dan kondisioner adalah dua produk yang langka di pulau itu, tetapi penting untuk menjaga agar rambut putih anak anjing tetap bergelombang dan halus.

"Mempertahankan Havanese adalah pengorbanan besar, tidak hanya di Kuba tapi juga di dunia," kata Amador seperti dikutip dari Reuters, Kamis (2/3/2023).