Cita Rasa Otentik, Ini 3 Kuliner Khas Pasuruan yang Wajib Kamu Coba!

Nasi Punel
Nasi Punel (Foto : wikipedia)

AntvKuliner khas Pasuruan rasanya wajib banget untuk kamu coba. Ada beragam hidangan lezat dan menggugah selara yang dapat dinikmati dari salah satu Kabupaten di Jawa Timur tersebut. 

Sekian banyaknya jenis kuliner dari Pasuruan, kamu harus mencoba empat jenis makanan di bawah ini! Apa saja? Yuk simak ulasannya yang telah dhimpun dari berbagai sumber. 

Kuliner Khas Pasuruan

1. Kupang Kraton 

img_title
Kupang Kraton. (Foto: Instagram @kupang_kraton)

Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar kupang atau kerang kecil/ remis yang banyak didapatkan di pesisir timur Jawa Timur. 

Kupang putih sendiri yakni hewan laut sejenis kerang yang mempunyai ukuran kurang dari 1 cm atau sebesar butiran beras.  

Daerah Pasuruan, Jawa Timur sendiri adalah salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil kupang.

Oleh karenyanya, banyak nelayan selain mencari ikan juga mencari kupang untuk dikonsumsi hingga diproduksi.  

Salah satu lokasi di Pasuruan yang menjadi sentra penjualan Lontong Kupang ini merupakan di sekitar Pasar Kraton. Sehingga lontong kupang yang ada disana juga dikenal sebagai Kupang Kraton. 

Kupang Kraton ini punya rasa lezat, lebih nikmat ketika disajikan bersama dengan irisan lontong dan lentho. Sebagai penyedap rasa, kamu  bisa juga menambahkan taburan bawang goreng dan jeruk nipis.

Agar bisa menikmatinya, sangat pas jika ditemani dengan sate kerang.  Kupang Kraton ini punya cita rasa yang sedikit berbeda.

Perbedaan tersebut terletak pada bumbu petis yang terbuat dari bahan dasar kupang. 

Tak hanya itu, kuah Kupang Kraton ini juga lebih bening dan lebih lembut. Kupang Kraton akan didominasi oleh rasa manis, asam, dan gurih. 

2. Nasi Punel

img_title
Nasi Punel. (Foto: wikipedia)

Kuliner khas Pasuruan selanjutnya yang rasanya wajib untuk kamu coba, yakni nasi punel. Nasi punel sendiri merupakan makanan khas dari Bangil, Pasuruan. 

Nasi ini punya tekstur lembut dan sedikit menggumpal. Nasi punel juga bisa disebut sebagai nasi pulen dengan kematangan yang pas, tak lembek dan kering.  

Umumnya makanan jenis ini akan disajikan di piring yang beralaskan daun pisang. 

Lalu akan ada taburan serundeng, sate kerang, lentho/ menjeng, tahu bumbu Bali, dan sebungkus kecil kuah berisiikan parutan kelapa lengkap dengan santan berbumbu agak manis disajikan diatasnya. 

Biasanya, nasi pundel ini akan tersedia sayur rebung dan nangka muda. Lauk utamanya dapat pilih empal (daging goreng), ayam goreng, telur dadar, paru, dan dendeng. Tak lupa, sambal ulek pedas dicampur dengan irisan kacang panjang.  

3. Gulai Kacang Hijau 

img_title
Gulai Kacang Hijau. (Foto: Cookpad/ Huda_Bawazier)

Selanjutnya ada gulai kacang hijau, kuliner yang tak boleh kamu lewatkan kala berjunjung ke Pasuruan. Sementara, gulai pada umumnya menggunakan daging kambing, ayam maupun daging sapi. 

Namun gulai dari Pasuruan ini agak sedikit beda, sebab adanya variasi sehingga menjadi kuliner spesial yang menjadi ikon unggulan Pasuruan dengan adanya campuran kacang hijau.   

Gulai kacang hijau akan disajikan dengan kecap manis, kuah gulai, kental seperti kolak kacang hijau yang punya rasa gurih. Gulai ini pun punya kuah kental tetapi bukan berasal dari santan kelapa.  

Gulai kacang hijau menjadi kental karena tumbukan kacang hijau yang dicampurkan sebelumnya ketika dimasak. Sementara, bumbu rempah yang dipakai terdiri dari kapulaga, lengkuas, kunyit, dan pala.

Selain itu, ada juga tambahan kemiri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai, jinten, dan yang lainnya. Gulai kacang hijau ini akan terasa nikmat ketika disantap dengan nasi atau lontong. 

Kunjungilah kawasan selatan alun-alun Kota Pasuruan. Makak kamu akan banyak menemui kuliner bercitarasa khas yang wajib dicoba.

Nah, itulah tiga kuliner khas Pasuruan yang rasanya wajib banget untuk kamu coba. Punya rasa lezat dan nikmat, dijamin bikin nagih. 

Bicara soal Pasuruan, tepat pada tanggal 23 September 2023, akan ada Festival ANTV Rame dan Kangen Joget yang akan digelar di sana lho.

Nantinya, akan ada penampilan sederet bintang fenomenal hingga rangkaian acara menarik persembahan ANTV untuk para ANTVlovers di Pasuruan.

Penasaran dengan informasi selengkapnya? Kamu bisa pantengin media sosial ANTV di Instagram @antv_official.