Sambut Imlek, Inilah Asal-usul, Makna, Jumlah dan Tips Memberi Angpao yang Tepat

Ilustrasi angpao
Ilustrasi angpao (Foto : Freepik/ freepik)

Antv – Ketika berbicara tentang kebudayaan Tiongkok, tak lengkap rasanya bila tak membahas budaya memberikan amplop merah atau angpao. Terlebih, tahun baru Imlek 2023 sudah di depan mata.

Amplop merah dalam bahasa Mandarin disebut sebagai hongbao, dalam bahasa Kanton disebut lai see, dan dalam bahasa Hokkien disebut ang pow.

Angpao merupakan hadiah berupa uang yang dimasukkan ke dalam amplop kertas merah berornamen khas China.

Budaya memberikan amplop merah seperti ini dilakukan pada beberapa acara penting, seperti Tahun Baru Imlek, ulang tahun, dan pernikahan di China serta beberapa negara Asia lainnya sebagai simbol ucapan selamat.

Warna merah melambangkan energi, kebahagiaan, dan keberuntungan dalam budaya Tionghoa. Amplop merah tradisional sering dihiasi dengan kaligrafi dan simbol-simbol China yang indah.

Sebenarnya, arti penting amplop merah adalah kertas merahnya, bukan uang yang ada di dalamnya. Membungkus uang dalam amplop merah diharapkan dapat memberikan lebih banyak kebahagiaan dan keberkahan bagi penerimanya.

Lantas, seperti apa sih asal-usul, makna, dan serba-serbi informasi terkait angpao yang perlu kamu ketahui jelang perayaan Imlek tanggal 22 Januari 2023 mendatang?

Berikut ini penjelasan lengkap soal angpao dilansir dari Chinahighlights pada Kamis, 19 Januari 2023.