Cocok untuk Diet! 10 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Buah Manggis
Ilustrasi Buah Manggis (Foto : Freepik/ jcsmilly)

Antv – Ada banyak sekali manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Bahkan, beberapa waktu ke belakang, manggis menjadi sangat populer karena kulitnya dapat digunakan sebagai obat herbal.

Pada kenyataannya, tak hanya kulit manggis saja yang mengandung tinggi nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, daging buahnya pun demikian.

Buah manggis atau yang memiliki nama latin Garcinia mangostana merupakan buah tropis dengan cita rasa yang sedikit manis dan asam menyegarkan. Manggis berasal dari Asia Tenggara tetapi dapat ditemukan di berbagai negara tropis.

Buah manggis memiliki kulit keras berwarna ungu tua saat sudah matang. Sementara daging buahnya berwarna putih dan berair. Rasanya yang khas dan menyegarkan membuat buah yang satu ini disukai dan populer di kalangan masyarakat.

Kandungan Gizi Buah Manggis

 

img_title
Ilustrasi Buah Manggis. (Foto: Freepik/ jcomp)

 

Tak hanya lezat disantap, buah manggis juga memiliki segudang manfaat, khasiat, dan kandungan gizi yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Setelah ditilik, rupanya kandungan nutrisi yang tersimpan dalam buah manggis juga tak kalah jika dibandingkan dengan buah populer lainnya seperti jeruk atau apel.

Melansir dari Yankes.kemkes.go.id pada Senin, 7 November 2022, dalam satu mangkuk (setara dengan 196 gram) buah manggis mengandung:

Kalori: 143 kalori

Karbohidrat: 35 gram

Serat: 3,5 gram

Lemak: 1 gram

Protein: 1 gram

Vitamin C: 9 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian

Vitamin B9 (asam folat): 15 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian

Vitamin B1 (tiamin): 7 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B1 harian

Vitamin B2 (riboflavin): 6 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B2 harian

Mangan: 10 persen dari jumlah kebutuhan mangan harian

Tembaga: 7 persen dari jumlah kebutuhan tembaga harian

Magnesium: 6 persen dari jumlah kebutuhan magnesium harian

Vitamin dan mineral dalam buah manggis berperan penting dalam mempertahankan banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas, dan pensinyalan saraf.

Tak hanya itu, dalam satu cangkir (196 gram) buah manggis menyediakan hampir 14 persen dari jumlah kebutuhan serat harian yang baik untuk tubuh. Buah manggis juga termasuk ke dalam makanan sehat yang rendah kalori sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet.

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

 

img_title
Ilustrasi Buah Manggis. (Foto: Freepik/ freestockcenter)

 

Setelah mengetahui berbagai macam kandungan gizi dari buah manggis, selanjutnya mari kita bahas ragam manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh:

Sebagai sumber antioksidan, anti kanker serta anti inflamasi

Buah manggis mengandung zat Xanthone, senyawa fitokimia yang mengandung zat merah khas dari buah manggis yang memiliki khasiat sebagai antikanker, anti bakteri dan anti inflamasi.

Selain itu, Xanthone juga bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh dan menyehatkan serta mendukung kesehatan mental dan keseimbangan mikroba tubuh dan meningkatkan kelenturan sendi.

Baik untuk ibu hamil atau yang merencanakan kehamilan

Manfaat buah manggis yang mengandung asam folat tinggi sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab, folat diperlukan untuk mencegah terjadinya kelainan tabung saraf pada bayi.

Baik untuk pencernaan

Manfaat buah manggis salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Buah manggis mengandung serat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan, sementara diet tinggi serat dapat membantu meningkatkan kesehatan usus.

Mengontrol kadar gula darah

Tak hanya untuk antikanker, kandungan Xanthone dalam buah manggis juga dapat mengontrol kadar gula darah. Penelitian menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap harinya mampu menurunkan resistensi insulin secara signifikan.

Manggis juga mengandung serat yang baik dan nutrisi sehingga manfaat buah manggis dapat membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan kontrol diabetes. Kombinasi kandungan Xanthone dan serat pada manggis dapat membantu menyeimbangkan gula darah.

Membantu Penurunan Berat Badan

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa efek anti inflamasi pada buah manggis dapat berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang melengkapi diet mereka dengan 3,6 atau 9 ons (90, 180, atau 270 ml) jus manggis dalam dua kali sehari cenderung memiliki indeks tubuh (BMI) lebih rendah.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan serat dan vitamin C yang terkandung di dalam buah manggis baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Serat menjadi komponen penting untuk kekebalan tubuh. Sementara vitamin C dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel kekebalan dan bersifat antioksidan.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam manggis mungkin memiliki sifat antibakteri yang daoat bermanfaat bagi kekebalan tubuh dengan memerangi bakteri yang berpotensi berbahaya.

Dalam sebuah studi selama 30 hari pada 59 orang, terungkap bahwa mereka yang menggunakan suplemen buah manggis, mengalami penurunan tanda peradangan dan peningkatan jumlah sel kekebalan tubuh secara signifikan.

Sistem kekebalan membutuhkan banyak nutrisi untuk bisa optimal. Buah manggis bisa menjadi pilihan yang sehat untuk dimasukkan bersama makanan padat nutrisi lainnya sebagai bagian untuk menjaga kesehatan tubuh

Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari menjadi hal yang perlu diperhatikan lantaran menjadi penyumbang utama kanker kulit dan tanda-tanda penuaan. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, ketika tikus diobati dengan ekstrak manggis, rupanya ditemukan adanya efek perlindungan terhadap radiasi ultraviolet-B di kulit.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang diobati dengan 100 mg ekstrak manggis setiap hari mengalami lebih banyak elastisitas pada kulit mereka dan lebih sedikit akumulasi senyawa tertentu yang berguna terhadap penuaan kulit.

Para peneliti menjelaskan bahwa kapasitas antioksidan dan anti inflamasi menunjukkan bahwa manfaat buah manggis selanjutnya adalah untuk perlindungan kulit. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Menyehatkan Jantung

Manfaat buah manggis selanjutnya adalah untuk menyehatkan jantung. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada hewan, ditemukan bahwa ekstrak buah manggis secara efektif dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol jahat dan trigliserida yang juga meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan. Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMC complementary and alternative medicine pada tahun 2016.

Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat buah manggis yang lainnya adalah untuk kesehatan otak. Dalam sebuah studi pada hewan ditemukan bahwa ekstrak buah manggis dapat membantu mencegah penurunan mental, mengurangi peradangan otak dan memperbaiki gejala depresi pada tikus, meskipun penelitian pada manusia di bidang ini terbilang masih kurang.

Mengurangi Peradangan

Melansir dari Mayo Clinic, sejumlah penelitian di laboratorium yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa buah manggis memiliki efek anti inflamasi yang kuat. Oleh sebab itu, buah ini disebut mampu mengurangi peradangan dan nyeri pada penderita arthritis (radang sendi).

Selain itu, berdasarkan pada penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PeerJ pada 2019 lalu, senyawa bioaktif xanthones pada buah manggis dapat melawan peradangan serta melindungi berbagai organ tubuh, termasuk sendi.

Nah, demmikianlah sederet manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!