Tebing Keraton, Tempat Wisata bagi Pemburu Sunrise dan Sunset

Tebing Keraton
Tebing Keraton (Foto : Instagram @7hilmy7)

AntvTebing Keraton menjadi salah satu wisata yang ada di Bandung, Jawa Barat yang rasanya sangat wajib untuk kamu kunjungi. Seperti yang telah diketahui, bahwa Bandung ini memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang didominasi oleh wisata alamnya yang sangat indah. 

Salah satu dari sekian banyaknya tempat wisata indah yang ada di Bandung yakni Tebing Keraton. Tempat ini memang belakangan ini cukup populer di kalangan masyarakat Bandung sendiri maupun dari luar kota. 

Tempat wisata yang satu ini menjadi populer, terutama di kalangan remaja karena menawarkan spot untuk berfoto yang Instagramable.

Jika kamu berkunjung ke tempat wisata ini, nantinya akan disuguhkan keindahan alam yang luar biasa menawan dan memesona yang mampu memanjakan mata kamu.

Selain itu, tempat wisata ini juga juga cocok untuk kamu yang ingin menyegarkan pikiran dengan segala kesibukan dan rutinitas yang melelahkan.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang wisata Tebing Keraton yang ada di Bandung ini, mulai dari harga tiket, rute, fasilitas, spot-spot yang tersedia dan hal-hal menarik yang ada di Kawasan wisata satu ini yang telah dilansir dari VIVA.

Daya Tarik Tebing Keraton

img_title
Tebing Keraton. (Foto: Instagram @in_fittt)

Tempat wisata Tebing Keraton ini sangat kaya akan pemandangan dan suasana indahnya. Tempat yang satu ini pun sangat banyak spot nyaman untuk dinikmati bersama teman, sahabat, kekasih, atau bersama keluarga tercinta.

Berbicara tentang Tebing Keraton, tentunya tempat ini memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan tempat yang lainnya. Apa saja itu? Mari simak ulasannya di bawah ini. 

1. Pemandangan Alam Sangat Indah  

Daya tarik pertama dari Tebing Keraton ini yakni dengan suguhkan pemandangan yang sangat indah yang bisa kamu nikmati. Jika kamu mengunjungi tempat yang satyu ini, kamu lalu pergi ke atas tebing dan kamu dapat melihat hamparan hutan dan bukit-bukit dengan kabut tebal yang menyelimutinya.

Pemandangan alam yang begitu indah dan cantik ini membuat para pengunjung bisa menjadikan tempat ini sebagai spot untuk berfoto dengan latar belakang panorama yang menawan. 

Bahkan tebing yang ada di sana sangat Instagramable yang sangat pas untuk para kaum muda. Sehingga kamu bisa membawa pulang momen indah setelah berlibur di salah satu wisata yang ada di Bandung ini.

2. Menikmati Sunrise

Jika kamu sangat suka dan menjadi orang pemburu sunrise dan sunset, maka wisata tebing ini sangat cocok sebagai objek untuk melihat sunrise saat di pagi hari. Kamu harus datang pagi-pagi sekali agar mendapatkan momen sunrise. 

Jadi, bukan hanya pemandangan perbukitan dan hutan saja yang bisa kamu lihat. Selain melihat matahari terbit, latar belakang yang kamu lihat juga ada pemandangan Gunung Guntur yang disuguhkan kepada pengunjung yang bisa menyegarkan mata dan pikiran.

Pemandangan dari tempat ini akan jauh lebih eksotis saat hamparan hutan masih diselimuti oleh kabut saat kamu datang di waktu yang tepat.  Pancaran sinar matahari terbit akan jauh lebih indah dan cantik saat kamu datang di cuaca yang cerah. 

Sinar matahari yang terpancar tersebut akan menembus sela-sela kabut saat menyelimuti hutan. Mata kamu tentunya akan terpanah dan rasanya tidak akan buru-buru untuk pulang. 

3. Menikmati Sunset 

Selain dapat menikmati sunrise, pengunjung yang datang ke Tebing Keraton ini juga tentunya bisa menikmati sunset di sore hari. Sunset ini tak kalah indah dari sunrise di pagi hari, hal itu disebabkan warna langit senja yang orange  kemerah-merahan telah berpadu dengan hamparan hutan. 

Maka, hal demikian yang membuat sunset di tebing ini semakin cantik dan sangat wajib dikunjungi bagi para pemburu sunset.

4. Tempat Singgah Burung Elang 

Biasanya burung Elang akan singgah di tebing ini saat mereka bermigrasi, jika kamu sedang beruntung maka kamu akan melihat burung Elang tersebut. Akan ada pula jenis burung lainnya yang  bisa kamu jumpai di tebing yang satu ini. 

Burung-burung di sana biasanya akan menyinggahi tebing pada sekitar bulan Agustus. Tempat wisata ini juga sudah menyediakan untuk para wisatawan yang tertarik mengamati burung dengan membuat sebuah menara pemantau burung yang tingginya dua lantai. 

5. Melakukan Jalan Kaki dan Bersepeda 

Bagi kamu yang berkunjung ke Tebing Keraton ini, maka kamu pun bisa melakukan segudang aktvitas seru di sana. Salah satu yang bisa kamu lakukan yakni dengan melakukan trekking, baik itu dengan berjalan kaki maupun naik sepeda untuk mengelilingi wisata yang ada di sana.

Saat trekking, pengunjung pun akan merasa lebih tenang dan nyaman karena udaranya yang begitu sejuk dan segar di area tebing tersebut.

Tak hanya itu, kamu juga akan terpukau dengan lingkungan hutan yang sangat indah dan asri selama melakukan trekking dengan jalan kaki atau bersepeda. Intinya, tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai alam terbuka.

6. Melakukan Camping Ground 

Di tempat wisata yang satu ini, pengunjung bisa bermalam dengan melalukan camping. Sebab, di tempat ini banyak dikelilingi hutan asri dan lebat yang tentunya sangat indah dan bikin nyaman para pengunjungnya. 

Tak hanya itu saja, ternyata di tempat ini juga telah menyediakan area camping ground yang sudah dilengkapi dengan fasilitas cukup lengkap seperti musala, toilet, dan gazebo.

Rute Jalan ke Tebing Keraton

img_title
Tebing Keraton. (Foto: Instagram @_kopites_man)

Mungkin sebagian dari kamu masih bingung rute jalan mana yang harus dilewati untuk menuju ke Tebing Keraton. Rute jalannya juga terbilang tidak terlalu sulit dan akses jalannya masih bisa dijangkau dengan mudah.

Maka dari itu berikut ini akan digambarkan penjelasan rute sebagai panduan bagi para pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini.  

  1. Rute pertama bisa diawali dari Stasiun Bandung dan melanjutkan ke Jalan Ir. H Djuanda lalu ke arah Institute Teknologi Bandung (ITB). 
  2. Kamu akan melewati jalan layang pasopati kemudian akan sampai di Terminal Dago. Kamu meneruskan perjalan hingga menemukan dua cabang jalan jika tidak berhenti di Dago.  
  3. Saat menemui dua cabang jalan tersebut, pilih jalan cabang kanan yang menuju ke bukit Dago Pakar.  Setelah melewati bukit Dago Pakar kamu akan menemui sebuah pertigaan beloklah ke kiri yang menuju arah Taman Hutan Raya Juanda. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan simpang dua.  
  4. Ambilah jalan sebelah kanan saat berada di simpang dua dan jalan terus hingga bertemu warung bandrek yang biasa menjadi tempat bagi para pengunjung untuk beristirahat.  
  5. Tak jauh dari warung bandrek kamu akan menemui lagi simpang dua dan beloklah ke kiri hingga kemudian menemukan pintu masuk ke Tebing Keraton.  
  6. Bagi kamu yang menaiki kendaraan umum, memang belum ada yang berhenti sampai di lokasi karena tempatnya yang masih terpencil untuk dilalui. 

Harga Tiket Masuk ke Tebing Keraton

img_title
Tebing Keraton. (Foto: VIVA)

Jika kamu akan berkunjung ke Tebing Keraton ini, maka kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk. Tenang saja, harga tiket tersebut masih sangat terjangkau dan tidak merogoh kocek saku terlalu dalam. 

Tapi, perlu kamu ketahui bahwa informasi harga tiket ini bisa saja sewaktu-waktu akan mengalami perubahan, baik lebih mahal atau sebaliknya. Namun, menurut  informasi yang saat ini didapatkan, untuk harga tiket masuk bagi wisatawan lokal dikenakan biaya Rp11.000 per orang saja. 

Sementara itu, bagi wisatawan asing atau mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp76.000 per orang.  Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir yang harganya masih terjangkau.

Parkir untuk kendaraan roda dua atau motor akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Sementara, untuk parkir untuk kendaraan roda empat atau mobil akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Perlu diingat kembali, kalau harga di atas bisa saja berubah saat ini. 

Itulah informasi tentang tempat wisata Tebing Keraton yang ada di Bandung, Jawa Barat. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi kamu untuk kamu kunjungi kala liburan nanti tiba.