Jarang Diketahui! 15 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh dan Kehamilan

Ilustrasi kurma
Ilustrasi kurma (Foto : Freepik/ freepik)

AntvKurma memang dikenal sebagai si kecil yang kaya akan manfaat. Ada banyak sekali manfaat kurma untuk kesehatan tubuh dan kehamilan. Sebab, buah yang satu ini mengandung vitamin, mineral dan serat.

Tak hanya itu, buah dengan cita rasa manis ini juga mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, pottasium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa mengonsumsi satu buah kurma per hari diperlukan demi mencapai pola makan yang seimbang dan sehat. Maka, ada baiknya, buah kurma tidak hanya dikonsumsi saat bulan Ramadan saja.

Seperti diketahui, kurma merupakan buah yang identik dikonsumsi saat buka puasa di bulan Ramadan. Sebab, kurma dipercaya dapat membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa berakhir.

Kurma dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, misalnya dengan mencampurkannya dengan susu, yoghurt, adonan roti, atau bisa juga dimakan begitu saja. 

Lantas, apa saja manfaat kurma bagi kesehatan tubuh? Berikut ini telah kami rangkum deretan manfaat kurma yang perlu diketahui.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

 

img_title
Ilustrasi berbagai jenis buah kurma. (Foto: Freepik/ azerbaijan_stocker)

 

Berikut ini manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh, mulai dari memberikan energi, mengatasi anemia, dan masih banyak lagi. Yuk simak deretan manfaat buah kurma lainnya untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Energi

Kurma diketahui memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma dapat dijadikan sebagai cemilan yang sangat baik ketika kamu memerlukan tambahan energi dengan cepat.

2. Mengatasi Anemia

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk mengatasi anemia. Sebab, kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi. Dengan demikian, kurma bermanfaat untuk berbagai macam kondisi kesehatan.

Kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi penderita anemia. Kurma dapat membantu menyeimbangkan kekurangan zat besi pada penderita anemia, meningkatkan energi, dan mengurangi rasa letih.

3. Menyembuhkan Gangguan Usus

Kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan usus. Mengonsumsi buah kurma secara rutin dapat membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi usus.

Kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien. Dengan demikian, lebih banyak nutrisi yang diserap oleh sistem pencernaan.

4. Menjaga Kesehatan Perut dan Memperlancar BAB

Kurma rupanya juga mampu mengatasi konstipasi dan memperlancar BAB. Sebab, kurma memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar.

5. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Mineral yang terkandung di dalam buah kurma menjadikannya mampu menjaga kesehatan tulang dan melawan penyakit osteoporosis. 

Selain itu, kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Zat-zat tersebut merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang yang mulai menua dan kondisi tulangnya muali rapuh.

6. Mengatasi Gejala Alergi

Kurma mengandung zat sulfur organik yang tidak umum ditemukan pada makanan, namun memiliki manfaat kesehatan yang bermanfaat, termasuk untuk mengurangi reaksi alergi dalam tubuh.

7. Menaikkan Berat Badan

Kurma mengandung gula, protein, dan vitamin penting lainnya. Jika kamu merasa terlalu kurus dan ingin menaikkan berat badan, maka kamu bisa mengonsumsi buah kurma secara rutin untuk memenuhi kebutuhan kalori harianmu.

8. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Vitamin yang terdapat pada kurma menjadikannya mampu meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem syaraf. Tak hanya itu, pottasium yang ada pada kurma juga berguna untuk menjadikan sistem syaraf yang sehat dan responsif.

Oleh sebab itu, kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi orang-orang tua dengan sistem syaraf yang mulai menurun dan bagi orang-orang yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma rupanya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Caranya, rendam kurma semalam, lalu tumbuk pada pagi harinya dan kemudian dikonsumsi. Dengan demikian, kurma akan menunjukka dampak positif pada jantung yang lemah.

Kurma disarankan untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Dengan mengonsumsi kurma secara rutin, maka kesehatan jantung akan lebih terjaga.

10. Meningkatkan Stamina Seksual

Studi menunjukkan bahwa kurma berguna untuk meningkatkan stamina seksual. Caranya, rendam kurma dalam susu kambing murni selama semalam, lalu giling dan campurkan dengan kapulaga serta madu.

Campuran ini dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan seksual dan mengurangi sterilitas yang disebabkan oleh gangguan seksual.

Manfaat Kurma Untuk Kehamilan

 

img_title
Ilustrasi Buah Kurma. (Foto: Freepik/ azerbaijan_stocker)

 

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma membuat buah ini sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, terlebih bagi yang sudah menginjak trimester akhir. Berikut ini manfaat buah kurma untuk ibu hamil.

11. Memberi Energi Pada Ibu Hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil adalah memberikan tambahan energi pada tubuh. Sebab, selama masa kehamilan, tubuh wanita membutuhkan lebih banyak energi dari pada biasanya.

Dengan mengonsumsi kurma secara rutin, maka tubuh akan mendapatkan pasokan energi yang dibutuhkan selama masa kehamilan dari kandungan gula alami yang terdapat di dalamnya.

12. Mencegah Cacat Lahir

Manfaat kurma selanjutnya bagi ibu hamil adalah untuk mencegah kecacatan pada janin. Sebab, kurma dipercaya sebagai asam folat yang baik bagi wanita yang sedang mengandung. Asam folat dapat mencegah cacat bawaan yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang.

WHO merekomendasikan suplemen folat dan asupan makanan yang kaya akan asam folat sebelum dan selama masa kehamilan untuk menjaga janin agar tetap sehat dan berkembang dengan baik.

13. Mengatur Tekanan Darah Ibu Hamil

Memperhatikan tekanan darah selama masa kehamilan adalah sebuah kewajiban. Ibu hamil harus menjaga agar tekanan darahnya tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi untuk mencegah risiko-risiko selama masa kehamilan.

Mengonsumsi buah kurma dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil. Sebab, kurma mengandung kalium yang mampu menjaga keseimbangan air dan garam. Dengan demikian, tubuh ibu hamil akan terjaga tekanan darahnya dan terhindar dari penyakit kardiovaskular serta stroke.

14. Pembentukan Tulang dan Gigi Bayi

Kurma mengandun magnesium yang merupakan mineral penting dalam pembentukan janin dalam kandungan. Magnesium jug aberperan penting dalam membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi.

15. Melancarkan Persalinan

Manfaat kurma untuk wanita yang tengah hamil tua sangat banyak, salah satunya untuk melancarkan proses persalinan dan dapat membantu memicu kontraksi.

Studi mengatakan bahwa ibu hamil yang memakan 6 buah kurma perhari dalam satu bulan menjelang persalinan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk melahirkan secara normal dan memiliki pelebaran serviks yang lebih tinggi.

Selain itu, dengan kandungan kalsium yang tinggi, kurma bisa menjadi stimulus agar tulang janin bisa jauh lebih padat, kuat, dan tidak mudah keropos.

Nah, demikianlah sederet manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh dan kehamilan. Akan tetapi perlu diingat agar tetap menjaga asupannya tidak berlebihan karena bagaimanapun segala yang berlebihan akan memiliki dampak yang tidak baik. Semoga bermanfaat!